DKPP Tangsel, Sambangi Kelompok Budi Daya Ikan Hias | BIDIK Tangsel
Home / News Tangsel / DKPP Tangsel, Sambangi Kelompok Budi Daya Ikan Hias
Iklan Ucapan

DKPP Tangsel, Sambangi Kelompok Budi Daya Ikan Hias

PONDOK AREN – Tren bisnis dan budidaya ikan hias di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) semakin menjanjikan ,berdasarkan data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) setempat, produksi ikan hias di kota Cerdas, Modern dan Religius terus dikembang kan.

Pemerintah Kota Tangsel melalui DPKP setempat kini tengah melirik pengembangan budidaya ikan hias. Guna memfasilitasi pengembangan budidaya ikan hias. Kepala DPKP Nurslamet sempat mendatangi kelompok budidaya ikan ‘Bina Usaha Mandiri’ di kelurahan Parigi Baru, Pondok Aren, Kota Tangsel, Kamis (09/03)

Kepala DKPP Nurslamet menjelaskan, kunjungan kerja yang pertama ke Pondok Aren berkaitan pembinaan kepada masyarakat, salah satunya yaitu pengembangan sektor perikanan. Selain pengembangan budidaya ikan air tawar juga ikan hias.

“Kami tidak hanya terfokus pada jenis ikan konsumsi saja, kedepannya kami ingin menjadikan ikan hias sebagai maskot Tangsel. Potensi ikan hias di Kota Tangsel sangat besar,” ujarnya

Nurslamet menuturkan produksi ikan hias di Tangsel cukup menjanjikan, disamping memiliki nilai ekonomis yang tinggi, tempat untuk membudidayakan ikan hias juga tidak membutuhkan lahan yang luas.

“Kami telah bekerjasama dengan Balitbang Ikan Hias Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang ada di Depok. Tujuannya untuk memetakan komoditas jenis ikan yang cocok dikembangkan di Tangsel.

“Misalnya di Pondok Aren cocoknya komoditi ikan hiasnya jenis apa, kualitas airnya bagaimana. Nanti akan kita petakan di wilayah mana ikan hias itu yang cocok. Dengan pemetaan seperti ini pengembangan budidaya ikan hias akan berkembang dengan baik,” ujarnya.

Umar selaku ketua Bina usaha Mandiri mengatakan, dengan adanya kehadiran kepala DPKP atas nama pemerintah akan dapat menambah semangat.

“Kami sangat bersyukur karena kami tidak asal-asalan lagi membudidaya ikan. Kami berharap pembinaan lebih sering dilakukan agar semua pembudidaya ikan di sini lebih semangat,” ujarnya.

Umar menambahkan, ada beragam jenis ikan hias yang dikembangkan. Antara lain ikan rainbow dengan berbagai varian, Green Tiger, Manvis, Neon Tetra dan lainnya.

“Pertemuan dengan pelaku budidaya terus dilakukan. Pertemuan ini dilaksanakan untuk saling berbagi tips dan pengetahuan soal ilmu budidaya ikan hias,”pungkasnya (*)

Iklan Ucapan

About Redaksi

Check Also

Tersangka Narkoba Ditangkap Di Kebon Jeruk

Tangsel – SatresNarkoba Polres Tangsel telah berhasil menangkap satu tersangka pengedar Narkotika jenis sabu berinisial …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyambut Bukan Ramadhan