Festival Jurnalistik Tangsel 2017
Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / News Tangsel / Gempa Bumi Guncang Pelabuhan Ratu, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Bumi Guncang Pelabuhan Ratu, Tidak Berpotensi Tsunami

Tangsel – Gempa Bumi tektonik mengguncang wilayah Pelabuhan Ratu, Jawa Barat pada hari Selasa, (14/3-2017). Hasil analisa BMKG menunjukan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 09:59:08 WIB dengan kekuatan M=4.9 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 7.59 LS dan 106.69 BT di laut 68 km Selatan Pelabuhan Ratu, pada kedalaman 29 km.

Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan lemah dirasakan di daerah Cicurug II SIG-BMKG (III-IV MMI), Pelabuhan Ratu II SIG-BMKG (III-IV MMI), Pabuaran-Bogor I SIG-BMKG (II-III MMI).

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
Wilayah II, JOKO SISWANTO, S.Sos melalui WhatApp mengatakan terkait dengan peristiwa gempa bumi Pelabuhan Ratu yang hari ini terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 10.20 WIB (14 Maret 2017) belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir Selatan Jawa dihimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” katanya

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia dan terjadi deformasi batuan hingga memicu terjadinya gempa bumi. (*)

Hubungi Kami Melalui WA

About Redaksi

Check Also

Tim Vipers Polres Tangerang Selatan Amankan Dua Pelaku Pengeroyokan Sopir Angkot

Tangsel – Jajaran tim vipers Polres Tangerang Selatan (Tangsel) mengamankan dua dari tiga tersangka pengeroyokan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: