Serpong – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) membuka Indonesia E-Commerce Summit and Expo (IESE) 2016 di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Rabu (27/4/2016).

Dalam ajang e-commerce terbesar se-Indonesia itu, Jokowi menyebut perusahaan besar e-commerce asal Tiongkok, Alibaba.com akan masuk ke Indonesia. Namun Jokowi berpesan agar perusahaan yang baru berkembang atau start up agar bisa bersaing dengan asing.

“Saya titip ke Pak Menteri (Kominfo, Rudiantara) agar  (perusahaan) Startup disiapkan sebaik-baiknya segera,” tandasnya.

Sementara itu, Menkominfo, Rudiantara menanggapi perintah Jokowi dengan menjelaskan program riset untuk perusahaan start up e-commerce yang akan diselenggarakan pada semester ke-2 tahun 2016.

“Presiden sudah mendorong perusahaan e-commerce secara political will (kebijakan politik). Kami pun berencana akan melibatkan perguruan tinggi dan perusahaan untuk melakukan riset atau penelitian untuk membaca pangsa pasar,” paparnya.

Menurut Rudiantara, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan Amerika terkait aplikasi pendukung bagi perusahaan e-commerce.

“Departement of Justice Amerika telah merancang aplikasi Help yang bisa mendeteksi komplain pengguna jasa, sehingga perusahaan terkait akan segera menindak karyawannya saat itu juga di hadapan konsumen.

Nantinya, aplikasi tersebut akan diambil alih oleh Indonesia setelah 2 tahun,” pungkasnya seusai seremoni yang tampak hadir juga Gubernur Banten Rano Karno itu. (Isone/TO)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.