KOTA TANGERANG – Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Kelurahan Gaga yang memiliki Kegiatan Tahunan yaitu, Rowahan Akbar dilaksanakan di Pemakaman Kelurahan Gaga, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Lurah H. Nasrullah, SE. Caleg Partai Demokrat Amal Jamaludin, SH, CIL. Ketua RW dan RT serta para Tokoh Masyarakat, Para Pemuda dan Kader PKK se – Kelurahan Gaga, Kecamatan Larangan.

Rangkaian kegiatan diawali dengan Kerja bakti di sekitar Makam dan tgl 10 Mei 2018 akan dilanjutkan pengajian kubur, tempat pelaksanaan dipemakaman warga yang sudah ditentukan oleh panitia dan acara puncak akan dilaksanakan pada hari sabtu pagi tgl 12 Mei 2018.

Lurah Gaga H. Nasrullah, SE menyampaikan, acara ini sangat dinantikan, karena warga merasa senang dilaksanakan bersama masyarakat kelurahan Gaga. Tentunya akan diawali dengan pembacaan Surah Yasin, Tahlil, Doa Hatam Al Qur’an.

“Rowahan Akbar yang ke-4 di Kelurahan Gaga berlangsung setiap tahun, kami telah melaksanakan dan ini akan menjadi event tahunan oleh masyarakat kelurahan Gaga,” ujar Nasrullah, SE

Dia juga mengatakan acara rowahan akbar jelang bulan puasa itu adalah tradisi yang selalu dilakukan. Keunikan dan kentalnya nuansa islami dalam setiap penyelenggaraan acara itu membuat banyak warga serta jamaah yang selalu setia mengikuti.

” Hari ke hari, Minggu ke Minggu serta Bulan ke Tahun terus berganti, demikian juga siapa pun Ketua RT dan Ketua RW maupun Lurah juga Camat dapat berganti. Namun kegiatan rowahan ini terus dilaksanakan dan mampu melestarikan budaya leluhur orang2 tua kita terdahulu,” sambung Lurah Gaga Nasrullah.

Direncanakan dalam acara tersebut akan dilakukan pembacaan doa untuk arwah dari keluarga jamaah. “Menariknya dalam pembacaan doa yang dilaksanakan di Pemakaman Umum,” sambungnya.

‚ÄúSelain berisi kegembiraan menyambut bulan puasa jamaah juga akan merasakan kentalnya syiar islam,” tegas Lurah Nasrullah.

Sementara Tokoh Masyarakat Bahrozi Katen menyampaikan, Selain menggelar doa bersama untuk para leluhur, kami juga mendoakan untuk kelancaran Pemilukada Kota Tangerang 2018.

“Perlu di ingat pesta demokrasi yang sebentar lagi diselenggarakan, Pilkada serentak di Kota Tangerang, warga hendaknya dapat membawa keluarga yang sudah mendapatkan hak pilih ke TPS terdekat,” ujar Bahrozi Katen, yang juga panitia saat ditemui wartawan, di lokasi acara.

Usai acara Amal Jamaludun, SH, CIL. menyampaikan, sangat mengapresiasi pada panitia penyelenggaraan Rowahan Akbar.

“Rowahan Akbar ini bertujuan untuk mengirimkan doa kepada para leluhur, semoga kami yang muda dapat memetik pelajaran dari guru, ulama dan semoga ke depannya lebih baik lagi,” ujar Amal Jamaludin.

Ia juga membantah kalau kunjungannya ke Rowahan Akbar ini sebagai bentuk kampanye. Seperti yang diketahui, Amal Jamaludin, SH, CIL, adalah Caleg Dapil 4 dari Partai Demokrat Kota Tangerang.

“Ini bukan kampanye, saya ke sini karena diundang. Pesan saya untuk warga jangan melupakan sejarah. Kita ada karena ada mereka, nilai-nilai luhur di jaga agar menjadi teladan bagi generasi muda saat ini,” pesan Jamal sapaan akrabnya.

Penulis : Edward. An.

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.