Pondok Aren – Sosialisasi Pancasila Secara Masif yang digelar Kodam Jaya diwilayah Koramil 07/Pondok Aren Kodim 0506/Tgr di Pemukiman Pemulung RT.03 RW. 03 Kelurahan Jurang mangu Barat, Pondok Aren Kota Tangsel, Jumat (1/06-2018).

Sebagai Irup dalam acara tersebut adalah Danrem 052/WKR Kolonel Kav. Agustinus Purboyo.

Hadir juga dalam acara tersebut, Dandim 0506/Tgr Letkol Inf M.I. Gogor AA, Wakil Walikota Tangsel, H. Benyamin Davnie, Camat Pondok Aren, H. Makum Sagita, Lurah Jurbar. Makmun, S.Pd, Danramil 07/PDA, Kapt. Inf. Agus Fahrudin, para pramuka dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Danrem 052/WKR Kolonel Kav. Agustinus Purboyo mengatakan bahwa memperingati hari pancasila ini, masyarakat sama-sama mengingat kembali pentingnya Pancasila di tengah munculnya ideologi-idiologi baru yang ingin memecah belah bangsa.

“Berbicara tentang Indonesia tidak bisa kita lepaskan dari Pancasila sebagai falsafah bangsa. Pancasila merupakan rangkaian proses,” ujar Agustinus Purboyo dihadapan warga di pemukiman tersebut.

Ia juga mengimbau agar masyarakat saling menjaga kerukunan dan ketentra- man dalam perbedaan.

“Dan hari ini menjadi hari yang baik hari kelahiran Pancasila yang kita peringati bersama dan mampu mengamalkan dengan baik dan harus diingat kodrat bangsa Indonesia adalah keberagamaan. Berbagai etnis, berbagai bahasa lokal, adat istiadat, kepercayaan bersatu padu,” katanya.

Lurah Jurangmangu Barat, Makmun, S.Pd hadir mengikuti acara Sosialisasi Pancasila. (Photo: IsOne)

Sementara itu, Wakil Walikota Tangsel, H. Benyamin Davnie mengatakan terima kasih atas kehadiran Danrem 052/WKR di Kecamatan Pondok Aren Kelurahan Jurangmangu Barat dalam rangka memperkuat jati diri bangsa khususnya terkait dengan bagaimana Pancasila.

Wakil Walikota menjelaskan bahwa Kota Tangsel dengan wilayah yang baru saja dilahirkan sesuai dengan UU No. 50 tahun 2008, yang berpenduduk 1.4 juta jiwa dengan tingkat penambahan penduduk 3,4% berdasarkan statistik BPS bahwa Kota Tangsel pada tahun 2030 akan  ber- penduduk 3 juta jiwa.

Dijelaskan, Kecamatan Pondok Aren salah satu dari 7 kecamatan yang ada di Kota Tangsel dengan penduduk yang cukup tinggi yaitu 11.000 jiwa/km2.

“Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada Danrem 052/WKR dan jajarannya telah bersedia hadir di pemukiman Pemulung Kelurahan Jurang Mangu Pondok Aren yang juga diikuti oleh para siswa pramuka dan guru beserta instansi pemerintahan lainnya,” ujar Bang Ben sapaan akrab H. Benyamin Davnie.

Sebelumnya, kesenian Budaya Betawi Palang Pintu menyambut kedatangan Damrem 052/WKR, Kolonel Kav. Agustinus Purboyo, kesenian dari Padepokan Sanghiyang Putih pimpinan Babe Sadelih cukup meramaikan acara tersebut. (***)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.