Setu, bidiktangsel.com – Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) digelar dalam rangka Penyampaian Rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Tangerang Selatan Tahun 2018, Kamis (25/4-2019) di Gedung DPRD Kota Tangsel.

Rapat Paripurna Istimewa, dihadiri oleh Walikota Tangsel, Hj. Airin Rachmi Diany, Ketua DPRD Kota Tangsel, H.M. Ramlie, Wakil Ketua DPRD Kota Tangsel, Amar dan para Anggota DPRD Kota Tangsel, para Kepala OPD dan Camat Se-Tangsel.

Sebelum rapat dimulai, Ketua DPRD Kota Tangsel, H.M. Ramlie sempat memberikan Koreksi kepada bagian rumah tangga DPRD Kota Tangsel karena alat suara/mic terjadi kendala beberapa saat.

“Ini dikoreksi untuk bagian rumah tangga DPRD kota Tangerang Selatan, saya mohon hal yang tadi jangan sampai terulang kembali. Apabila ada yang rusak, beli karena anggaran kita cukup untuk DPRD Kota Tangerang Selatan,” katanya.

Dalam pembukaan rapat paripurna tersebut, Ketua DPRD Kota Tangsel, H.M. Ramlie mengucapkan dengan puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-nya sehingga pada hari yang berbahagia ini dapat hadir untuk mengikuti rapat paripurna istimewa DPRD Kota Tangerang Selatan dalam rangka penyampaian rekomendasi laporan keterangan pertanggungjawaban Walikota Tangerang Selatan tahun 2018.

“Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Walikota Tangerang Selatan beserta jajarannya, Pimpinan dan anggota DPRD Kota Tangerang Selatan serta hadirin yang telah memenuhi undangan rapat paripurna istimewa DPRD kota Tangerang Selatan pada hari ini, Kamis tanggal 25 April 2019 pukul 14.12 WIB dengan resmi kami buka dan menyatakan terbuka untuk umum,” ujarnya.

H.M. Ralie juga memberitahukan bahwa hari ini dilaksanakan berdasarkan hasil rapat Bamus pada tanggal 8 April 2019 lalu, dengan susunan acara sebagai berikut :

  1. Pembukaan
  2. Pembagian Kebutuhan 2019 tanggal 25 April 2009 tentang rekomendasi laporan keterangan pertanggungjawaban Walikota Tangerang Selatan tahun 2018 oleh ketua Pansus
  3. Penyerahan secara simbolis keputusan DPRD nomor 170/02/2019 tanggal 25 April 2019 tentang rekomendasi laporan keterangan pertanggungjawaban LKPJ Walikota Tangerang Selatan tahun 2018 oleh pimpinan DPRD kepada Walikota Tangerang Selatan.

Dalam rapat paripurna istimewa pada penyampaian laporan rekomendasi hasil pembahasan LKPJ Walikota Tangerang Selatan tahun 2018, Ketua DPRD Kota Tangsel menyampaikan bahwa dalam undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 maupun dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014 menetapkan pentingnya tata kelola pemerintahan yang baik.

Setiap aktivitas penyelenggaraan pemerintah daerah sesuai dengan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik, pemberian otonomi yang seluas-luasnya kepada daerah, dilaksanakan berdasarkan prinsip negara kesatuan yang intinya terletak pada bagaimana memanfaatkan kearifan, potensi, inovasi daya saing dan kreativitas daerah untuk mencapai tujuan nasional di tingkat lokal.

Untuk mendukung pencapaian tujuan nasional, penyelenggaraan pemerintah daerah dilaksanakan oleh DPRD dan pemerintah daerah yang berkedudukan sebagai penyelenggara pemerintah daerah.

Dengan demikian maka DPR dan pemerintah daerah berkedudukan sebagai mitra sejajar yang mempunyai fungsi yang berbeda laporan keterangan pertanggung jawaban LKPJ akhir tahun 2018.

DPRD melaksanakan fungsi pengawasan dengan memberikan rekomendasi yang berfungsi sebagai umpan balik dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah sebagai pelaksanaan fungsi-fungsi pengawasan DPRD Kota Tangerang Selatan dalam hal penyelenggaraan pemerintahan oleh pemerintah daerah.

Adapun tujuan rekomendasi DPRD atas LKPJ Walikota tahun 2018 adalah untuk memberikan saran masukan atau koreksi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah untuk meningkatkan kinerja pemerintah daerah yang lebih baik dan akuntabel di tahun yang akan datang.

Untuk itu dalam kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada masing-masing komisi dan panitia khusus yang telah bekerja, melakukan pembahasan LKPJ tahun 2018.

“Untuk menghemat waktu marilah kita simak dan dengarkan pembacaan keputusan DPRD kota Tangerang Selatan tentang rekomendasi LKPJ Walikota Tangerang Selatan tahun 2018 oleh ketua Pansus dipersilahkan,” akhir sambutan Ketua DPRD Kota Tangsel. (*)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.