Ngopi Se Warung, bidiktangsel.com – Tokoh-tokoh Tangsel yang saat ini sudah menyatakan diri sebagai calon walikota adalah orang- orang terbaik di Tangsel. Meski demikian, kualitas mereka sebagai calon walikota masih rata-rata, belum ada satupun yang berada di atas rata-rata.

“Tangsel membutuhkan pemimpin dengan kualitas pribadi di atas rata rata, karena SDM warga kota Tangsel juga di atas rata- rata warga kota lain di Indonesia,” kata Uten Sutendy yang dikenai sebagai budayawan.

“Kualitas rata -rata artinya masih standar belum memiliki reputasi karir dan karya kemasyarakatan yang membanggakan warga kota. Apalagi yang sesuai atau seimbang dengan tuntutan kualitas sumber daya manusia warga Kota Tangsel,” kata Uten Sutendy, yang juga sebagai Presiden Tangsel Club.

Menurut Uten Sutendy, mereka umumnya datang dan berkarir di birokrasi, partai politik, ormas, dan juga di dunia usaha yang selama ini belum memperlihatkan karya inovasi, kreativitas, dan gebrakan pemikiran serta visi yang kuat tentang pembangunan kota.

Misalnya, tentang konsep visi, warna, karakter, jiwa, identity, dan icon Kota Tangsel macam apa yang hendak dibawa?.

“Konsep pemikiran seperti itu mestinya sudah terlihat dari awal pada pribadi para calon sebelum mereka mempublikasi kan minatnya ikut dalam kontes pemilihan walikota. Jangan -jangan cuma ingin jadi walikota, bukan untuk membangun kota. Kota ini jangan lagi dipimpin secara outopilot, ” katanya.

Menurut Uten, ketiadaan munculnya tokoh berkualitas ini juga menunjukkan kegagalan sekaligus kecelakaan demokrasi di Tangsel.

“Artinya, selama ini partai politik dan dunia usaha di Tangsel, belum mampu membangun dan menghasilkan kader- kader berkualitas. Apakah ini karena Pemkot terlalu dominan mengkooptasi semua institusi di luar pemerintah sehingga kader-kader pemimpin potensial belum bisa muncul? Padahal kota ini sangat kaya dengan potensi SDM berkualitas dalam berbagai bidang. Nah ini yang patut kita diskusikan,” kata Uten S

Oleh karena itu Uten berharap dalam beberapa bulan ke depan bisa muncul figur-figur baru yang lebih berani, cerdas, visioner, dan juga berani bertarung. (*)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.