Pondok Aren – Menjelang bergulirnya Pemilihan Kepala Daerah Banten 2017 mendatang, dua kader terbaik partai Golkar yakni  anggota Komisi I DPR Tantowi Yahya dan Anggota Komisi III DPR RI Andika Hazrumy, sudah mewarnai dalam bursa pencalonan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2017.

Tantowi Yahya memastikan tak akan maju, walaupun sudah melakukan komunikasi dengan sejumlah partai untuk membantunya memenangkan dirinya, jika putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait uji materi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada diputuskan bahwa anggota Dewan harus mundur ketika ditetapkan sebagai calon kepala daerah.

“Saya harus bersikap konsisten terkait revisi undang-undang tersebut. Putusan MK sudah semestinya diikuti karena MK merupakan lembaga penegak hukum konstitusional tertinggi makanya dihormati saja putusan MK,” kata Tantowi kepada sejumlah awak media, disalah satu Rumah makan dikawasan Bintaro Pondok Aren, Kota Tangsel, Rabu malam (01/06-2016).

Tantowi juga menuturkan, perdebatan alot antara pemerintah dan DPR terkait revisi UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah berakhir pada tanggal 2 Juni 2016, mayoritas fraksi akhirnya setuju untuk mengesahkan draf RUU tersebut menjadi UU.

“Adapun delapan fraksi lainnya yakni Fraksi Golkar, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Nasdem, Fraksi PPP, Fraksi PAN, Fraksi Hanura dan Fraksi Demokrat memberikan persetujuan secara penuh. Keputusannya tanggal 2 Juni setelah dilakukan rapat paripurna,” ujar dia.

Tantowi menegaskan,” Saya memilih mundur apabila keputusan MK terkait draf RUU tersebut menjadi Undang -undang dan di sahkan. Saya akan tetap mengabdi di DPR selaku wakil masyarakat DKI yang tinggal 3 tahun lagi,” tegasnya.

Dalam hari yang sama, sejumlah petinggi DPD Partai Golkar Kota Tangsel menggelar pleno di rumah makan Balai Ratu Pondok Aren,  Anggota Komisi III DPR RI Andika Hazrumy, sudah mendapatkan dukungan untuk maju sebagai Calon Gubernur Banten mendatang.

Tantowi berkomentar, menandakan nilai jual Partai Golkar pada Pilgub Banten sangat tinggi tidak ada persaingan di tubuh golkar,” Didukungnya Andika oleh DPD Tangsel. Andika juga termasuk tokoh yang berpotensi di keluarga besar, dia juga merupakan sosok tokoh yang berpotensi di Pilgub Banten, Jadi tidak ada masalah. Sepertinya beliau sudah siap mundur di DPR.” pungkasnya. (IsOne/Abah)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.