Pondok Aren -Penantian panjang Rakyat Peduli Situ Parigi di Keluarahan Parigi Lama Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akhirnya menemui titik terang.

Setelah Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Direktorat Jendral Sumber Daya Air pada Kementrian Pekerjaan Umum menurunkan pelaksana untuk memperbaiki Situ Parigi yang kini memiliki luas sekitar 5,6 hektar tersebut.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangsel, Retno Prawati menjelaskan pengajuan untuk perbaikan Situ Parigi ke BBWSCC dilakukan sejak beberapa tahun lalu agar secepatnya dilakukan perbaikan dan penataan.

“Ada tujuh situ yang kita ajukan untuk dilakukan pengerukan kemudian penataan dan normalisasi,” ujar Retno, Selasa (1/6).

Diakui Retno, untuk perbaikan Situ Parigi, Pemkot Tangsel sejak beberapa tahun lalu sudah mengusulkan serta menunggu giliran pemeliharaan Situ yang akan dilakukan BBWSCC.

“Kalau kemarinkan (tahun lalu-red) situ Pamulang yang diperbaiki, kemudian situ rawa kutuk di Serpong Utara, sekarang situ parigi baru terealisasi,” ungkapnya.

Dalam pemeliharaan Situ Parigi yang digarap oleh PT Orcalindo Lamtama Mandiri (OLM) ini, menelan APBN tahun 2016 sebesar Rp, 5.716.471,000 dengan waktu pelaksanaan 150 hari kalender seperti yang tercantum di papan proyek.

“Selain pelaksanaannya 150 hari kalender, Kami juga akan melakukan perawatan selama 6 bulan,” kata Zainal Abidin, Humas PT OLM kepada wartawan dilokasi pengerukan Situ Parigi, Kelurahan Parigi Lama, Pondok Aren.

Zainal menambahkan, sebelum adanya rencana pemeliharaan terhadap Situ Parigi, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang berlangsung di aula kantor Kelurahan Parigi Lama, beberapa waktu lalu.

“Setelah kita mendengar langsung usulan masyarakat, maka sekarang tinggal pelaksanaannya,” tandas Zainal.

Pantauan dilokasi, nampak sejumlah alat berat seperti kendaraan eskavator yang berjumlah empat buah, terlihat turun terus melakukan pengerukan endapan lumpur yang ada di dasar Situ.  (Dra)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.