Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual Kartini di Temanggung

Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual Kartini di Temanggung

Temanggung – Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) Kartini di Temanggung menyelenggarakan Pertemuan Orang Tua Penerima Manfaat (POT PM) tanggal 25-26 November 2019.

Dalam acara POT PM sekaligus kegiatan Parents Training dan Penyaluran Penerima Manfaat Penyandang Disabilitas Intelektual Temanggung, Kepala BBRSPDI Kartini Temanggung Murhardjani menyatakan sejumlah penerima manfaat yang sudah selesai menjalani pendidikan di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) Temanggung tahun 2019 disalurkan bekerja di beberapa perusahaan.

Dari 75 penerima manfaat yang lulus disalurkan kerja terdiri dari 32 PM kriteria mandiri dan 43 lainnya mandiri dengan pendampingan.

Dalam kesempatan itu ia menyebutkan para penerima manfaat tersebut antara lain diterima bekerja di Hotel Indraloka, Batik Iving, RM Pojok Temanggung, Cemerlang Potensiak, dan CV Aryati Demak.

Sebagian dari mereka juga diterima di Penjahit Dani Magelang, Pabrik Batik Mbako, Risky Collection Magelang, Penjahit Radhi Purbalingga, dan ERKA Collection Pekalongan.

Diantara PM tersebut ada yang memiliki sertifikat diklat three in one berbasis dan mendapat sertifikat uji kompetensi menjahit alas kaki dari lembaga sertifikasi profesi alas kaki. Ada juga yang berprestasi di bidang olahraga.

POT PM sekaligus menjadi silahturahmi dan media edukasi kepada orang tua sebagai pendamping anak dengan disabilitas intelektual (care giver permanent).

Sehingga tercipta suatu pemahaman antara BBRSPDI maupun orangtua PM untuk kemandirian penyandang disabilitas intelektual. Orang tua diharapkan berperan aktif melalui koordinator wilayahnya [korwil] pada penanganan penyandang disabilitas intelektual untuk mengantar menuju kemandirian secara lebih kreatif, inovatif,” katanya.

Penanggung jawab kegiatan POT, Proboretno Kuncororini menjelaskan kegiatan POT merupakan upaya BBRSPDI untuk meningkatkan kepedulian orang tua dalam setiap tahapan perkembangan anak dalam mengikuti rehabilitasi sosial lebih lanjut agar setelah PM tersalur memiliki kesiapan dan dukungan untuk kemandiri-annya.

Di sela acara itu juga ada talk show diawali oleh penampilan Dita, PM yang menyanyi-kan lagu “Ayah”. Talk show itu dipimpin oleh Muhardjani Kepala BBRSPDI Temanggung dengan Nara Sumber Dr. Kristiani dari SOINA Provinsi Jawa Tengah.

Dan laporan oleh Singgih Wahyu Purnomo terkait 70 PM yang masih mengikuti rehabilitasi lanjut di BBRSPDI Kartini Temanggung yang berasal dari Riau, Palembang, DKI Jakarta, Bekasi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan, Papua. (Lily)

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.