2nd Jakarta Open Para Swimming Champhionship 2019 Ajang unjuk kemampuan bagi para difabel dalam olahraga renang

2nd Jakarta Open Para Swimming Champhionship 2019  Ajang unjuk kemampuan bagi para difabel dalam olahraga renang

Jakarta – Turnamen renang JOPSC 2019 difabel se Indonesia digelar di stadion Akuatik GBK Senayan 28-30 November 2019. Dengan jumlah peserta 404 orang yang terdiri dari Tuna Daksa, Tuna Rungu, Tuna Grahita, Autisme demikian yang dilaporkan oleh Fajar Vidya Hartono Ketua Pelaksana 2nd JOPSC 2019 saat upacara pembukaan lomba renang 30 November 2019 pagi di Stadion Aquatik GBK Senayan.

Pertandingan renang di stadion Aquatik Senayan tersebut dipadatkan menjadi satu hari yaitu Sabtu, 30 November 2019 dari pagi pukul 06.00 sampai sekitar pukul 22.00 wib. Dengan memperlombakan 25 meter kaki gaya bebas menggunakan pelampung, 25 meter gaya bebas, 50 meter gaya bebas, 50 meter gaya punggung, 50 meter gaya dada, gaya kupu-kupu, dan 100 meter gaya bebas.

Pada tanggal 28 November 2019 di adakan teknikal meeting dikoordinir Daud Al Amin panitia JOPSC, dihadiri peserta lomba di lokasi Stadion Aquatik GBK Senayan.

Terlihat antusiasme peserta lomba didampingi orang tua maupun pelatih club renang dan guru sekolahnya.

Adapun peserta lomba renang 2nd JOPSC 2019 perwakilan dari SLB Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Denpasar, Jakarta Paraswim, SOINA, BBRSPDI Temanggung, Slh Santi Rama, Al Firdaus Surakarta, NPCI, Sekolah Global Mandiri, SKO Disabilitas, SMPN Luar Biasa Balikpapan, Kak Seto Home Schholing, ISDI, Komunitas renang Byur BSD, Daya Pelita Kasih, Tirta Karya Swim, Bintang Harapan Home Schooling, Bina Abyaksa, Pendidikan Khusus Vokasi Cita Buana, Victory Tabernacle Christian School dan banyak lagi utusan komunitas renang difabel se Indonesia.

Ajang tersebut merupakan pembuktian diri bahwa para penyandang disabilitas mampu melakukan olahraga renang jika terus diasah kemampuannya. Bukan hanya di event kejuaran daerah namun di ajang Nasional maupun di kancah Internasional ikut mengharumkan nama bangsa.

Semestinya ajang-ajang lomba renang untuk para disabilitas lebih sering diadakan demikian harapan para orang tua yang ikut mengantar anaknya lomba ke stadion Aquatik.

Fajar Vidya Hartono Ketua Pelaksana 2nd JOPSC 2019 mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta, pelatih, pendamping yang telah berpartisipasi dan menyukseskan event tersebut. Panitia pelaksana telah berusaha semaksimal mungkin memberikan suatu kesempatan dan kompetisi bagi para atlit disabilitas/berkebutuhan khusus. Namun dalam pelaksanaannya sadar bahwa tentunya tidak mungkin untuk memuaskan semua pihak. Tak ada gading yang tak retak. Dan berharap kritik maupun masukan yang membangun dari para peserta, pelatih, pendamping lomba 2nd JOPSC 2019 untuk menjadi bahan evaluasi ke depannya. (Lily)

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.