Ketidak Netralan Bawaslu, Jika Siti Azizah Dinilai Paling Siap Jadi Cawalkot Tangsel

Ketidak Netralan Bawaslu, Jika Siti Azizah Dinilai Paling Siap Jadi Cawalkot Tangsel

bidiktangsel.com, Serpong – Dari pernyataan Ketua Bawaslu Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Muhammad Acep yang menyatakan hanya Siti Nur Azizah Cawalkot Tangsel satu-satunya siap maju pilkada Tangsel 2020 dari ASN, dianggap pengamat kurang etis dan tidak elok.

Hal tersebut dikatakan Pengamat Politik dari Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Adib Miftahul, ungkapan ketua Bawaslu Tangsel bahwa Siti Nur Azizah dinilai paling siap, akan dimaknai masyarakat sebagai ketidak netralan Bawaslu.

“Ungkapan ketua Bawaslu bahwa Siti Nur Azizah dinilai paling siap menurut saya kurang etis dan cenderung tidak elok,” ujar Adib ketika dimintai tanggapan terkait pernyataan Ketua Bawaslu Tangsel di salah satu media online (TNcom) oleh wartawan, Rabu (29/1/2020).

Adib menegaskan di pilkada Tangsel 2020 ini, ada tiga cawalkot yang masih berstatus ASN Sekda Tangsel Muhammad, Kolenel Beben dan Tomi Patria Lurah Cipayung. artinya dengan pernyataan Ketua Bawaslu tersebut dianggap mereka tidak siap.

“Nanti pengertiannya di masyarakat mereka tidak siap, kan bisa begitu,” tegasnya.

Adib juga mengatakan, mestinya Bawaslu sudah tahu bahwa ASN itu sesuai UU, wajib mundur kalau sudah ditetapkan menjadi calon ketika mendaftar ke KPU.

“Jadi kalau sebelum daftar ke KPU, jangan digiring opini tidak siap dong, ini nanti dinilai merugikan kontestan yang lain,” ujarnya.

Adib berharap Bawaslu menempatikan diri sebagai satu-satunya lembaga yang diatur dalam undang-undang untuk mengawasi jalannya proses demokrasi dalam pilkada agar berjalan Jujur dan Fair.

“Wasit harus memberikan ‘tiupan pluit’ yg sama kepada semua bacalon. Jangan sampai nanti masyarakat menilai bahwa bawaslu punya pluit, tapi yang membunyikan orang lain, akibat dari statemen ketua bawaslu soal siap dan tak siap. Marwah wasit Bawaslu harus tetap dijaga, guna pilkada yang jujur dan fair.” pungkasnya.(**)

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.