DEMAK, bidiktangsel.com – Semakin hari semakin meriah, perkembangan kegiatan TMMD Reg ke 105 Kodim 0716/Demak di Desa Kalikondang Kecamatan Demak Kabupaten Demak, kekuatan personilnya pun semakin tambah kuat dengan di kerahkannya Satgas TMMD dari Yonif 410/Alugoro sebanyak 45 orang, Yon Arhanud sebanyak 43 orang, Yon Zipur sebanyak 8 orang, Lanumad sebanyak 10 orang, Den Zibang sebanyak 2 orang dan Polres Demak sebanyak 30 orang serta warga Desa Kalikondang sebanyak 60 orang, Jumat (12/7/2019).

Dandim 0716/Demak sekaligus Dansatgas TMMD Reg ke 105 Kodim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto mengatakan, TMMD di wilayah Desa Kalikondang tidak hanya melaksanakan pekerjaan fisik dan non fisik, namun TMMD Reg ke 105 Kodim 0716/Demak digelar di Desa Kalikondang untuk meneguhkan semangat kebersamaan dan gotong royong yang makin hari semakin tergerus oleh zaman, gotong royong adalah saripati nilai-nilai keindonesiaan dan esensi kultur ketimuran agar dapat terjaga dengan baik, karena disitulah inti dari kekuatan bangsa dalam menjaga persatuan kebhinekaan, TMMD juga bertujuan untuk menyajikan karya nyata yang berguna bagi warga Desa Kalikondang.

“TMMD Reg ke 105 Kodim 0716/Demak sebagai upaya pemberdayaan untuk memperkuat semangat masyarakat dalam menggali dan mengelola potensi Desa Kalikondang agar semakin maju dan mensejahterakan warga Desa Kalikondang” tegas Dandim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto

TMMD telah mengembalikan semangat gotong royong menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Semangat gotong-royong harus dijaga terus, dan selama ini program TMMD sangat selaras dengan program Pemerintah Daerah, Karena sama-sama ingin membangun dan mensejahterakan masyarakat.

Berbagai kegiatan pembangunan yang dilaksanakan melalui program TMMD, sangat menonjol di masyarakat, Karena melibatkan rakyat dalam pembangunannya.

Turunnya prajurit TNI AD dalam pelaksanaan pembangunan di desa-desa telah mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat desa. Program TMMD juga telah menyatukan pandangan masyarakat dengan prajurit TNI.

Rakyat merasa bersatu dengan TNI yang melaksanakan kegiatan TMMD ini, sehingga pandangan masyarakat itu sangat baik sekali. Kebersamaan dan keakraban yang terjalin menjadi modal dalam menyukseskan pembangunan di pedesaan.

Berbagai tanggapan pun muncul dari warga Desa Kalikondang, Ahmad Zani Ketua Karang Taruna Gilang Gemilang RW 1 Desa Kalikondang mengungkapkan “Kekuatan militer bukan hanya diukur dari lengkapnya persenjataan, tapi lebih dari itu yaitu bagaimana TNI bisa berbaur dengan rakyat untuk bekerja dan membuat kesejahteraan lebih merata merupakan kekuatan yang sama sekali tidak bisa dipandang enteng”.

Kaur Pemerintahan Desa Kalikondang Singgih Widakdo juga menyampaikan “Program TNI Manunggal Membangun Desa sangat positif untuk meningkatkan akselerasi pembangunan pedesaan, Desa merupakan sumber penyuplai bahan pangan nasional. Itulah kekuatan kita sesungguhnya,” ungkapnya.

” TMMD sangat positif karena menyentuh kebutuhan rakyat, sepengetahuan saya usulan programnya dari bawah yaitu dari Babinsa, Koramil, Kodim sehingga betul-betul menyentuh kebutuhan rakyat yang ada di lapisan bawah” tutur KH.Abu Mansyur Sa’id Tokoh agama Desa Kalikondang.(Pendim 0716/Demak).

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.