Tangerang, bidiktangsel.com – Bagi Sofyan (45), warga Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, kehadiran program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kronjo menjadi ruang belajar. Pasalnya, ia banyak menimba pengetahuan dari anggota Satgas di lokasi.

Seperti, Senin (15/7/2019) pagi, Sofyan telah bergegas keluar dari rumahnya menuju lokasi pembuatan patok untuk keperluan pengecoran jalan.

“Selamat pagi, Pak,” sapanya kepada personel Satgas yang telah hadir di lokasi.

Tanpa banyak menunggu, Sofyan langsung meraih perlengkapan kerja untuk membuat patok. Tangannya yang cekatan meraih bambu yang langsung dipotong dan dibelahnya menjadi beberapa bagian.

Sofyan yang kesehariannya sebagai buruh serabutan itu, mampu membuat beberapa patok bambu dalam cepat.

“Kalau pekerjaan begini sih enteng, sudah jadi kebiasaan,” jawabnya saat ditanya awak media soal keterampilannya membuat patok bambu.

Ia lalu bercerita, pergaulannya dengan personel Satgas membuatnya mendapatkan banyak pengetahuan. Maklum, pria yang tak tamat sekolah dasar (SD) ini, mengaku haus pengetahuan.

“Dari bapak-bapak ABRI, saya banyak tahu pengalaman hidup mereka, juga saya banyak denger gimana seharusnya jadi warga yang baik,” katanya.

Sofyan merasa bersyukur, karena berkat TMMD, selain ia memiliki aktivitas rutin membantu pekerjaan bakti fisik di lokasi, ia juga mendapatkan teman baru.

“Sekarang saya banyak kenal anggota TNI, jadi kalau ada apa-apa, saya bisa nanya sama mereka,” ucapnya.

Kebahagiaan Sofyan itu menjadi kekaguman Dansatgas TMMD 105 Kronjo Letkol Inf Parada Warta Nusantara Tampubolon. Parada mengatakan, sosok seperti Sofyan adalah ciri asli masyarakat desa yang rendah hati, giat bekerja dan tanpa pamrih.

“Jiwa demikian juga yang harus terpatri dalam diri setiap personel kami,” kata Parada.

Parada menilai, manunggalnya TNI dan rakyat di lokasi TMMD, sebenarnya menjadi ruang pembelajaran pihaknya.

“Dari masyarakat kami juga banyak belajar, karena prinsip kami setiap orang adalah guru dan setiap tempat adalah sekolah. Jadi, kami harus belajar dari setiap orang dimana pun, tak terkecuali dari pak Sofyan,” tambah Parada. #Kodim 0510/Tigaraksa.

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.