Tegal, bidiktangsel.com – Hal tersebut diutarakan Danrem 071 Wijayakusuma, Kolonel Kavaleri Dani Wardhana, seusai peletakan batu pertama simbolis pengerjaan jalan TMMD Reguler 105 Kodim 0712 Tegal, di Desa Jatimulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Kamis (11/7/2019).

“Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada masyarakat disini karena sangat antusias mendukung kegiatan TMMD Reguler. Inilah bukti bahwa TMMD wujud nyata Kemanunggalan TNI dengan rakyat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, terkait dengan pengerahan pasukan, terdapat 1 SSK (Satuan Setingkat Kompi) yang berjumlah 150 orang. Angka ini akan ditambah dari partisipasi masyarakat sekitar Jatimulya maupun Ormas. Intinya TMMD terbuka bagi siapa saja dan pihak mana saja yang ingin berpartisipasi dalam bentuk apapun dalam memenuhi kewajiban membangun salah satu wilayah Tegal.

“Untuk tenaga kerja harian rata-rata adalah 200 orang, yaitu 150 anggota Satgas dan 50 masyarakat,” imbuhnya.

Untuk personel Satgas TMMD diwajibkan bermalam di rumah-rumah warga (Orang Tua Asuh) yang telah di ploting oleh Babinsa dan perangkat desa setempat. Hal ini, agar prajurit TNI lebih dekat lagi dengan masyarakat, dan bagi masyarakat agar mereka dapat mengenal lebih dekat dengan TNI-nya. Uang Lauk Pauk (ULP) juga diserahkan kepada warga agar keberadaan anggota Satgas tidak memberatkan dan untuk menambah keuangan orang tua asuh tersebut.

Terkait ditetapkannya Jatimulya sebagai sasaran TMMD, Dani Wardhana menerangkan bahwa, hal ini sudah melalui Musrenbang bottom up mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten, dan akhirnya diputuskan di provinsi melalui berbagai pertimbangan. Untuk anggarannya TMMD bersumber dari APBD fisik provinsi dan kabupaten, swadaya masyarakat, Mabes TNI serta bantuan-bantuan lainnya dengan total 1,4 milyar.

Diketahui untuk sasaran fisik meliputi pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) dengan total panjang 3.470 meter dengan lebar 2,5-3 meter, sasaran tambahan berupa 21 unit rehab RTLH. Sedangkan sasaran non fisiknya berupa penyuluhan, sosialisasi serta pemutaran film edukasi. (Aan)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.