Tegal, bidiktangsel.com – “Ayo Baca Yuuk” Itulah kalimat yang tertulis dalam badan Van Perpustakaan Keliling (Perpusling) Dinas Perpusda Kabupaten Tegal. Ini merupakan salah satu upaya dinas terkait dalam andil mencerdaskan masyarakat yang menjadi tanggung jawabnya.

Perpusling dihadirkan di Lapangan Desa Jatimulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, sekaligus memeriahkan satu dari 18 stand dalam Upacara Pembukaan TMMD Reguler 105 Kodim 0712 Tegal, yang dibuka oleh Wakil Bupati, Sabilillah Ardie, Bsc, mewakili Gubernur Jateng dan Bupati Tegal.

Dikatakan Kasi Pelayanan dan Informasi Perpustakaan, Wiluyo, bahwa generasi penerus akan cerdas di tahun-tahun mendatang apabila gemar membaca. Pasalnya, mereka cenderung lebih menyukai bermedsos atau main game online daripada membaca buku.

“Tidak menutup kemungkinan yang akan mengharumkan nama Kabupaten Tegal dan Jawa Tengah nantinya adalah generasi dari Jatimulya, untuk itulah kami menghadirkan perpustakaan keliling disini sekaligus memeriahkan TMMD,” ungkapnya.

Ditambahkannya, melalui sarana mobil tersebut, daerah pedesaan maupun sekolah-sekolah lokasinya relatif terpencil dapat terfasilitasi. Disini terbukti bahwa minat baca anak dan pelajar khususnya lumayan tinggi dan terlihat dengan banyaknya yang berkunjung untuk membaca buku.

Wiluyo juga mengajak masyarakat Jatimulya untuk berkunjung ke Perpusda yang memiliki setidaknya 30.000 ribu buku koleksi buku bacaan, baik buku umum sampai dengan buku sastra yang tersusun rapi sesuai aturan pengkodean perpustakaan dari kode 001-900. Alamatnya adalah di Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 12 Tegal, untuk jam buka mulai pukul 07.30-15.30 WIB setiap hari senin-sabtu.

Untuk fasilitas pendukung baca lainnya adalah, ruang baca anak, ruang baca utama, ruang laboratorium audio visual yang lengkap, ruang referensi dengan dilengkapi internet yang dapat diakses oleh masyarakat umum. (Aan).

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.