Tangerang, bidiktangsel.com – Kemiskinan telah lama mendera hidup Jamro, warga Kampung Blukbuk Bojong, RT 01/04, Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang. Jamro hanya bisa pasrah hingga TNI datang membantunya.

Dikatakan Halil, tokoh masyarakat setempat, sebelum program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa masuk ke desa itu, telah berkali-kali warga setempat mengajukan bantuan untuk Jamro, namun belum ada hasilnya.

“Kami sudah mengajukan bantuan ke berbagai pihak, termasuk ke pihak swasta yang katanya ada program CSR ( corporate sosial responsibility ), tapi belum ada hasilnya,” kata Halil, Sabtu (20/7/2019).

Jamro, lanjutnya, menjadi tulang punggung keluarga sejak ditinggal wafat suaminya beberapa tahun yang lalu. Kehidupannya yang pas-pasan, membuat ia tidak mampu membiayai sekolah anak-anaknya.

“Sampai-sampai, ia jadi peminta-minta di pasar, meski kami sudah berusaha membantu,” tambahnya.

Saat awak media ke lokasi sebelum rumah itu dipugar hari ini, kondisi rumah tersebut sangat tidak layak untuk dihuni. Kerusakan parah terjadi pada dinding yang terbuat dari bilik bambu. Demikian pun dengan atap dari rumbia, telah bolong disana-sini.

Rumah tersebut juga nyaris roboh, tiang penyangga dari bambu telah lapuk. Posisi rumah pun telah miring.

Pada bagian dalam, rumah itu tampak berantakan. di dalam rumah yang luas bangunannya sekitar 4×4 meter itu, tidak ada perlengkapan yang layak. Sebuah kasur yang telan usang menjadi tempat tidur Jamro dan anak bungsunya. Sementara, dua orang anaknya yang telah dewasa, memilih tidak tinggal bersama ibunya tersebut.

“Pokoknya miris banget keadaannya. Kami juga tidak bisa berbuat banyak sampai program TMMD datang. Kami sangat berterima kasih kepada TNI,” ucapnya.

Sebelumnya, pada Jumat (19/2019), Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Inf Parada Warta Nusatara Tampubolon didamping Camat Kronjo Nahrowi meninjau langsung rumah Jamro itu. Orang nomor satu di Kodim 0510/Tigaraksa itu pun sampai menteskan air mata melihat kondisi Jamro.

Usai berkunjung, Parada memerintahkan Satgas untuk segera membedah rumah Jumro, hingga akhirnya, pada Sabtu (20/7/2019), personel satgas TMMD 105 Kronjo bersama warga memugar rumah tersebut untuk segera dibangun kembali menjadi lebih layak huni. #Kodim 0510/Tigaraksa.

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.