Pondok Aren – Untuk melestarikan budaya lokal yang ada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), perkumpulan masyarakat bernama Lingkar Masyarakat Berbudaya Betawi Kota Tangsel (LIMA BETA) bakal menyelenggarakan Gelaran Budaya Lebaran Betawi ke 2.

Diketahui, festival kedua ini akan digelar di Jalan Ceger Raya, Kelurahan Jurang Mangu Barat, Kecamatan Pondok Aren pada 5, 6, 7 Agustus 2016.

‘Mari Kita Jaga dan Lestarikan Tradisi Budaya Betawi’ menjadi tema besar kegiatan itu.

“Sekses acara di tahun lalu. Kita ajak anak-anak muda kita untuk lebih mengenal budaya yang kita miliki. Maka itu, kita membuat konsep untuk membuat Gelaran Budaya Lebaran Betawi ke 2 ini,” kata Ketua Pelaksana, Rudi saat ditemui bidiktangsel.com, Sabtu (30/7-2016).

Menurutnya, budaya betawi sudah menjadi identitas masyarakat Kota Tangsel. Maka itu, pada gelaran yang melibatkan langsung masyarakat di kawasan Jurang Mangu Barat (Jurbar) ini bakal membumikan kembali budaya yang mulai terpinggirkan itu.

“Nantinya, akan ada banyak kegiatan di festival ini. Mulai dari prosesi pembuatan dodol betawi, bazar makanan asli betawi, kuliner betawi, peragaan busana betawi, hingga sunnatan massal,” kata Rudi yang juga staf di Kelurahan Jurang Mangu Barat ini.

Ia berharap, seluruh pihak yang peduli dengan kelestarian budaya betawi dapat terlibat langsung dalam kegiatan ini. Karena ia berharap kegiatan tersebut sudah menjadi agenda dan bakal diselenggarakan setiap tahun.

“Intinya, kita ingin kembali membangkitkan budaya khas betawi serta memperkenalkannya kepada masyarakat,” pungkasnya. (*)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.