Serpong – Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Banten Tahun 2017 kepada Tokoh Agama dan tokoh masyarakat se-Tangsel di Aula Kantor Kementrian Agama Jalan Raya Kencana Loka, Kel.Ciater, Kec. Serpong, Kota Tangsel.

Yang menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Anggota KPU Provinsi Banten, Agus Supadmo, Ketua KPU Kota Tangsel, M Subhan, Ketua Panwaslu Kota Tangsel, Sahrudin, Anggota KPU Kota Tangsel, Badrussalam dan Sekretaris MUI Kota Tangsel, Abdul Rozak.

Dalam penjelasannya Anggota KPU Provinsi Banten, Agus Supadmo, mengatakan bahwa sudah ada bakal calon Gubernur/Wakil Gubernur dari jalur perseorangan yang lolos pendaftaran awal ke KPU Banten.

“Proses pengecekan dukungan sudah melaui Sistem Informasi Lewat on line (SILON),” katanya.

Kedua pasangan tersebut yaitu Yayan Sofiyan – Ratu Enong dan Ahmad Dimyati Natakusumah – Yemmelia. Setelah melalui SILON kemudian dukungan akan diverifikasi data riil ditingkatan Kabupaten/Kota.‎

Ketua KPU Kota Tangsel, M. Subhan, dalam paparannya, saat ini tahapan Pilgub Banten 2017 dalam melakukan verifikasi dukungan dua pasangan jalur perseorangan.

Sedangkan untuk Pendaftaran bakal calon Gubernur dari jalur partai politik akan dilaksanakan pada 19 s.d 21 September 2016 dan penetapan calon pada 22 Oktober 2016.

“Untuk masa kampanye akan dimulai pada tanggal 26 Oktober 2016 sampai dengan 11 Februari‎ 2017 mendatang,” ujar M.Subhan.

Menurut Sekretaris Ketua MUI Kota Tangsel, Abdul Rozak mengatakan cara sosialisasi yang efektif adalah melalui ceramah, khutbah dan sosialisasi kepada jamaah ditempat ibadah.

Jamaah dan masyarakat diminta untuk hadir ke TPS dan memilih calon sesuai dengan hati nuraninya masing-masing.

Tokoh Agama juga harus dapat meminimalisir terjadinya ketegangan sosial dan konflik akibat beda pilihan dalam Pilgub Banten.

Terkait, dalam sosialisasi Pilgub Banten 2017, Anggota KPU Kota Tangsel, Badrussalam mengatakan dalam melakukan koordinasi dengan berbagai pihak salah satunya adalah dengan Kemenag Tangsel yang mempunyai hubungan dengan tokoh agama se-Tangsel.

“Peran tokoh agama dirasakan sangat penting untuk membantu KPU dalam mensosialisasikan pelaksanaan Pilgub Banten 2017,” ujar Badrussalam.

Sedangkan Sahrudin selaku Ketua Panwaslu Kota Tangerang Selatan, menyebutkan, Panwaslu Tangsel bertugas melaksanakan pengawasan Pilgub Banten dan yang paling terpenting adalah bagaimana kita dapat mencegah terjadinya pelanggaran. (IsOne/Sugeng)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.