Mesuji  – Limbah medis merupakan salah satu tantangan terbesar sehari-hari yang dihadapi oleh penyedia layanan kesehatan.

Beberapa contoh limbah medis seperti tempat bekas rendaman darah (sarung tangan, kain kasa, dll.), jaringan manusia atau hewan yang dibuat selama prosedur pengobatan, setiap sampah yang dihasilkan dari kamar pasien dengan penyakit menular, sertan vaksin yang dibuang, demikian seperti diwartakan BidikTangsel.com.

Pengelolaan limbah medis di Rumah Sakit Ragam Begawe Caram di Kabupaten Mesuji belum sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), terbukti limbah berupa jarum suntik bekas dan bekas infus masih berserakan di tempat sampah umum bercampur limbah rumah tangga.

Baca Juga :  Dandim Optimis Semua Pekerjaan TMMD 105 Tepat Waktu

Dari hasil pantuan awak media saat melakukan investigasi dilokasi rumah sakit tersebut, terlihat limbah medis sengaja dibuang menggunakan kantong plastik ditempat pembuangan sampah. Tidak hanya ditempat pembuangan sampah, limbah medis juga berceceran di bak penampungan sampah, Senin (25-11-2019).

Saat di konfirmasi, Direktur RS Ragam Begawe dr. Khotmaidah mengatakan tidak tahu menahu kalau limbah medis tersebut ada ditempat pembuangan sampah.

Baca Juga :  Mesin Molen Terus berputar, Pekerjaan TMMD Kronjo Akan Terkejar

“Pihaknya sudah bekerja sama dengan pihak ketiga untuk pembuangan limbah yaitu PT. Biuteknika Bina Prima sebagai pengangkut limbah dari RSUD Mesuji,” katanya. Meskipun pihak rumah sakit mengaku sudah bekerja sama dengan pihak ketiga dalam pengelolaan limbah, namun, hal itu tidak menjadi jaminan kalau pengelolaan limbah sudah sesuai SOP. (Mus)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.