Mesuji – Rumah Sakit Umum Daerah Ragab Begawi Caram Kabupaten Mesuji, tidak pernah menyampaikan laporan pelaksaan terhadap persyaratan dan kewajiban Izin Lingkungan secara berkala, demikian disampaikan Benni, S. H, Kepala Bidang Pengawasan dan Penataan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Mesuji, diruang kerjanya, Senin, (2-12-2012).

” Ya, memang, rumah sakit umum belum pernah menyampaikan laporan secara berkala terkait pelaporan pelaksanaan terhadap persyaratan dan kewajiban dalam Izin Lingkungan, kepada kami, begitu juga soal pengolahan limbah B3 nya,” terang Benni.

Pemegang Izin Lingkungan, wajib menaati persyaratan dan kewajiban yang dimuat dalam Izin Lingkungan dan izin perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, membuat dan menyampaikan laporan pelaksanaan terhadap persyaratan dan kewajiban dalam Izin Lingkungan, yang disampaikan secara berkala setiap 6 (enam) bulan, tambahnya.

Dan, pemegang izin yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 53 PP No. 27 tahun 2012. Sanksinya, mulai dari teguran tertulis, paksaan pemerintah dan pembekuan Izin Lingkungan atau pencabutn Izin Lingkungan.

Direktur Rumah Sakit, dr.Khotmaidah, membantah pernyataan Benni tersebut. Menurutnya, stafnya sudah melaporkan hasil pengelolaan limbah B3 ke Dinas Lingkungan Hidup.

” Kita sudah sampaikan laporan terkait limbah B3 ke DLH. Memang, yang melaporkan staf saya, melalui whats app pak Bambang Kasi Pengawasan Pengendalian dan Penegakan Hukum, pada bulan Juli-2019 lalu,” tegasnya.

Namun demikian, dirinya tidak membantah pernyataan Benni, bahwa pihak rumah sakit memang tidak pernah melaporkan terkait pengelolaan Izin Lingkungan secara berkala.

Khotmaidah beralasan, kalau Dinas Lingkungan Hidup tidak pernah memberitahukan kalau pelaporan itu wajib disampaikan secara berkala. (mus)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.