Mesuji – Nampaknya sampah di Mesuji sudah mulai meresahkan, betapa tidak, sampah yang mengendap berbulan bulan sangat mengganggu kesehatan lingkungan.

Salah satunya adalah di wilayah pasar Bujung Buring Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji. Sampah yang tidak terangkut berbulan bulan membuat pemandangan kurang sedap, disamping itu, sangat mengganggu kesehatan. Karena, tumpukan sampah sangat dekat dengan pemukiman warga.

“Sampah disini sudah hampir setahun ini tidak diangkut, mas, liat aja, sampahnya berserakan dimana mana. Itu ada bak kuning penampungan sampah, kayaknya sih, dari Dinas Lingkungan Hidup. Tapi, setahu saya hampir setahun ini, sampahnya gak pernah diangkut. ” terang Sardi, warga sekitar.

Baca Juga :  Kabid Humas Polda Banten, Ajak OPD Kabupaten Serang Untuk Cegah dan Pemberantasan Pungli

Disekitar pembuangan sampah, hanya berjarak 3 meter ada bangunan sekolah dasar. Tentu saja, hal itu sangat mengganggu konsentrasi anak untuk belajar. Dampak dari timbunan sampah menyebabkan berkembang biaknya lalat dengan cepat. Sehingga, dapat dengan cepat penyebaran penyakit.

Terkait pengelolaan sampah di Mesuji, Kasi Pengawasan Pengendalian dan Penegakan Hukum Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mesuji Bambang Irawan,S.T beberapa waktu lalu mengatakan, terkait pengelolaan sampah memang agak sedikit terkendala.

Baca Juga :  Tokoh Pemuda Desa Gunungmalang Apresiasi Pembangunan Jalan Aspal TMMD

” Kami hanya punya dua unit mobil hidrolik untuk mengangkut sampah, satu diletakkan diwilayah Kecamatan Mesuji Timur, yang satu lagi untuk wilayah Kecamatan Brabasan. Namun, satu unit mobilnya seal hidroliknya tidak berfungsi dan belum diperbaiki. Jadi untuk mengangkut sampah jadi terkendala, ” terang Bambang.

Persoalan sampah, kadang masih dianggap sepele, padahal regulasinya sudah jelas yaitu UU No 32 tahun 2009 Tentang Pengelolaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup dan ada sanksi pidananya. (mus)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.