Ciputat – Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan bekerjasama dengan ITB Bandung dan Bank Jabar Banten (BJB), yang diwakili oleh Ockie Castrena Yuliawan mengadakan simulasi ujian tulis berbasis komputer (UTBK) tingkat SMA. Simulasi digelar di ruang Blandongan Balaikota Tangerang Selatan, Kamis 18 Desember 2019.

Acara yang dibuka oleh Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, peserta UTBK harus mengeluarkan kemampuan semaksimal mungkin. Pasalnya UTBK merupakan penentuan nasib para peserta didik ke tingkat selanjutnya.

“Kamu melihat ke depan dan mampu merencanakan apa yang akan kamu tempuh ke depan nanti. Kesempatan ini tidak datang dua kali oleh karena itu walaupun tidak perlu  serius nanti hasilnya akan kelihatan seperti apa,” ujar Benyamin.

Di tempat yang sama, Kadin Kota Tangerang Selatan Taryono mengatakan, tujuan dilaksanakan uji coba (UTBK)  ini persiapan untuk masuk di perguruan tinggi.

“Kami kerjasama dengan ITB dan didukung oleh BJB. Target kami adalah kami bisa melakukan pemetaan terkait kemampuan anak Tangsel dalam menghadapi UTBK juga ujian masuk perguruan tinggi negeri kedepan,” kata Taryono.

Taryono menjelaskan, ada sekitar 300 siswa SMA sederajat yang mengikuti uji coba UTBK kali ini. Ia berharap uji coba UTBK kali ini dapat menjadi motivasi para peserta didik, untuk mengejar mimpi masuk perguruan tinggi negeri.

“Kemudian kami juga bisa mendapatkan masukan sejauh mana kami bisa melakukan pemetaan dan masukan kemampuan anak,” jelasnya.

Materi ujian kali ini, lanjut Taryono, adalah IPA dan IPS. Diharapkan dengan digelarnya simulasi UTBK kali ini dapat diketahui persentase kemampuan peserta didik mengerjakan soal UTBK.

“Nanti bisa menjadi  sampling  atau  sebuah kajian berapa persen kemampuan mereka mengerjakan soal-soal dalam bentuk pilihan ganda,” pungkasnya. (*)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.