Bidiktangsel.com, Jakarta – Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar Sidang Pleno Khusus Penyampaian Laporan Tahunan pada Selasa, 28 Januari 2020 di Ruang Sidang Pleno MK pukul 09.00 WIB – selesai yang dipimpin langsung oleh Ketua MK Anwar Usman.

Usai Ketua MK menyampaikan Laporan Tahunan, Presiden Joko Widodo akan memberikan sambutan. Sidang Pleno Khusus Penyampaian Laporan Tahunan Mahkamah Konstitusi 2019 juga merupakan upaya MK merealisasikan prinsip transparansi dan akuntabilitas sebagai lembaga negara dan sebagai lembaga peradilan konstitusi. Dalam penyampaian Laporan Tahunan tersebut, Mahkamah akan menyampaikan kinerja Mahkamah Konstitusi selama 2019 terutama mengenai jumlah perkara yang teregistrasi, diperiksa, dan diputus serta pengelolaan administrasi keuangan dan administrasi lainnya. Dalam acara tersebut, akan dirilis juga buku “Laporan Tahunan Mahkamah Konstitusi Tahun 2019: Mengawal Demokrasi Konstitusi Pemilu Serentak 2019”. Melalui penyampaian Laporan Tahunan tersebut, diharapkan hak-hak masyarakat atas informasi mengenai Mahkamah Konstitusi dapat terpenuhi. Dengan demikian, publik diharapkan dapat ikut serta terlibat dan berpartisipasi menjaga serta membersa-mai kiprah MK.

Dalam sidang pleno khusus ini, juga dijadwalkan hadir sejumlah Pimpinan Lembaga Negara, duta besar negara sahabat terutama negara anggota Asosiasi Mahkamah Konstitusi se-Asia (AACC), sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, Dewan Etik MK, hakim konstitusi periode
sebelumnya, Forum Konstitusi, dan lainnya. (Humas MK)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.