BOGOR, bidiktangsel.com – Dalam rangka reforestasi wilayah terdampak longsor, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama sekitar 1000 orang dari komponen Pentahelix akan menanam kurang lebih 80 ribu bibit tanaman di Desa Pasirmadang dan beberapa wilayah lainnya di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada hari Senin (3/2) mendatang . Menurut rencana, Presiden Joko Widodo juga akan turut hadir menanam bibit pohon setelah sebelumnya sempat tertunda karena ada agenda lain.

Sejumlah bibit pohon seperti Manii, Flamboyan, Soren, Manglid, Bukaliptus, Puspa, Kisireum, Kayu Putih akan ditanam dan dikombinasikan dengan rumput ajaib, Vetiver. Bibit-bibit tersebut didatangkan dari berbagai daerah yang dikelola oleh Yayasan Paguyuban Budiasih.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Vetiver, jenis rumput dengan nama latin Chrysophogon Zizaionide itu menjadi salah satu solusi untuk menguatkan struktur tanah melalui akarnya yang dapat tumbuh hingga kedalaman 5 meter. Bentuk kombinasi vetiver dengan tanaman keras berakar kuat akan membuat struktur tanah menjadi lebih kokoh layaknya pondasi alami sehingga dapat meminimalisir proses deforestasi dan erosi serta mencegah terjadinya longsor.

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.