Pamulang, bidiktangsel.com – Kegiatan verifikasi faktual atas eksistensi perusahaan media di Indonesia terus dilakukan Dewan Pers (DP).

Kali ini, tim verifikasi faktual dari DP melaksanakan kegiatannya di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dengan menyambangi langsung kantor perusahaan media sebagai pusat operasional medianya, sebagaimana agenda yang telah disusun oleh DP, salah satunya adalah detakbanten.com (DB), Selasa (10/03/2020)

Tim verifikasi faktual DP dipimpin Ketua Komisi Pemberdayaan Organisasi Dewan Pers (DP) Asep Setiawan yang menitikberatkan pemeriksaan dan mencatat terkait administrasi dan teknis keredaksian, didampingi Sekretaris DP Uci Sri Lestari yang memeriksa dan mencatat hal terkait perusahaan media.

Dalam kesempatan tersebut, Asep Setiawan mengungkapkan, bahwa hasil verifikasi faktual menjadi bahan rapat di DP untuk kemudian memberikan penilaian secara obyektif atas pemberian sertifikat kepada perusahaan media dimaksud.

Dewan Pers tidak akan mempersulit atau menunda pemberian sertifikat (lulus verifikasi faktual, red), bila segala sesuatunya sudah sesuai dengan ketentuan yang ada. Bila ada catatan-catatan cukup mendasar, maka DP hanya menunda saja, hingga catatan yang menjadi kekurangan dilengkapi,” terang Asep, seusai melaksanakan tugasnya.

Sementara itu, Pimpinan Redaksi sekaligus Penanggungjawab media online detakbanten.com (DB) Ahmad Eko Nursanto mengungkapkan, bahwa kehadiran tim verifikasi faktual dari DP menjadi momentum yang ditunggu-tunggu, setelah DB lolos dalam verifikasi administrasi di DP beberapa bulan lalu.

“Alhamdulillah, verifikasi faktual berjalan lancar meski terdapat beberapa catatan yang kiranya dapat segera disempurnakan di internal,” pungkasnya. (Rls)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.