Jakarta, bidiktangsel.com – Dalam upaya mendukung pemerintah dalam menekan laju penyebaran COVID-19, Siloam Hospitals Group dan Lippo Malls Indonesia menghadirkan drive thru Rapid Test COVID-19 di beberapa area yaitu Puri (Jakarta Barat), Kemang (Jakarta Selatan), dan Meikarta (Cikarang).

Tidak hanya menawarkan pemeriksaan COVID-19, layanan ini juga memberikan konsultasi gratis bersama dokter umum Siloam Hospitals secara online setelah hasil tes didapat.

Drive thru Rapid Test COVID-19 dibanderol dengan harga Rp 489.000, periode 17-30 April 2020 pukul 08.00-10.00 WIB.

Masyarakat yang hendak mengikuti tes ini hanya perlu datang ke lokasi yang sudah disiapkan, yaitu di Jl. Puri Abadi (Gate 9, sebelah Lippo Mall Puri), akses masuk Kemang Village dari Jl. Antasari, dan lapangan terbuka Meikarta Convention Center (Maxx Box Orange County).

“Drive thru Rapid Test COVID-19 memungkinkan masyarakat untuk mengikuti skrining COVID-19 dengan lebih cepat, mudah, dan aman karena meminimalisir kontak fisik antara pemeriksa dengan yang diperiksa. Anda tetap berada di dalam mobil tanpa perlu keluar dari kendaraan,” ujar Deputy President Director Siloam Hospitals Group Caroline Riady.

Masyarakat cukup datang ke lokasi yang telah ditentukan, daftarkan diri ke nomor WhatsApp yang tertera di booth pendaftaran (dengan menuliskan nama, tanggal lahir, no HP, email, dan foto KTP), melakukan pembayaran melalui OVO/QRIS, dan dilakukan Rapid Test di dalam mobil masing-masing.

“Hasil tes akan dikirimkan melalui WhatsApp di hari yang sama, sehingga masyarakat bisa segera pulang tanpa harus lama menunggu. Jika hasil positif, maka akan diminta untuk menjalankan PCR Swab Test; jika negatif, maka akan diminta mengikuti tes kembali setelah 7-10 hari,” tambah Caroline.

Sementara itu, Kepala Pengembangan Bisnis Siloam Hospitals TB Simatupang Mario menjelaskan pada hari pertama pelaksanaan Rapid Test animo masyarakat sangat baik.

Tercatat sebanyak 24 orang telah mengikuti pelaksanaan ini. Ia pun mengatakan sebanyak 100 lainnya sudah melakukan pendaftaran melalui Whatsapp untuk melakukan tes pada dua hari mendatang.

“Pemeriksaan ini setidaknya melibatkan 6 petugas dari Siloam Hospitals. Terdiri dari dua orang tenaga medis, satu dokter umum, sisanya adalah bagian administrasi dan mengatur alur pemeriksaan,” jelasnya.

Menurut Mario, pelaksaan pemeriksaan Rapid Test yang dilakukan Siloam Hospitals dalam drive thru tersebut sedikit berbeda dengan pemeriksaan umumnya. Sebab, pengambilan sampel darah dilaukan melalui vena di lipatan siku.

Sedangkan pada umumnya diambil pada ujung jari.

Ia menjelaskan pengambilan sampel adri vena tersebut dilakukan untuk mendapat kan hasil yang lebih akurat lagi.

“Setelah diambil darahnya, peserta diharapkan langsung pulang dan menunggu hasilnya beberapa saat kemudian yang diinfokan melalui whatsApp,” papar dia.

Mario menegaskan, hasil tersebut tidak hanya menginfokan positif atau tidaknya seseorang terjangkit Covid-19 saja. Tapi juga memberikan beberapa konsultasi online dan saran yang harus dilakukan setelah menerima hasil tersebut. Misalnya saja, bagi mereka yang mendapatkan hasil negatif disarankan untuk mengulang tes lagi pada 7-10 hari kemudian.

“Bagi yang positif juga akan diberikan saran, diantaranya untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut,” pungkas Mario.

Siloam Hospitals saat ini turut terlibat aktif membantu pemerintah dalam usaha menghentikan penyebaran Covid -19 di Indonesia dengan menyediakan pelayanan Swab Test.

Dengan pilihan durasi hasil tes 24 jam, 72 jam, dan 7 hari dan Rapid Test atau tes antibodi yang juga tersedia di 38 RS Siloam. Selain pelayanan tes, Siloam Hospitals Group juga telah selesai membangun dan sepenuhnya mengoperasikan dua rumah sakit khusus rujukan Covid -19, yaitu Siloam Hospitals Kelapa Dua yang berlokasi di Tangerang dengan kapasitas 214 tempat tidur dan Siloam Hospitals Mampang yang berlokasi di Jakarta Selatan dengan kapasitas 415 tempat tidur. (*/rls).

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.