Serpong, bidiktangsel.com – Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie hadir dalam Pembinaan Kader Kesehatan di Aula Kecamatan Serpong, Selasa (25/08). Dalam pertemuan itu, Benyamin memaparkan peran kader kesehatan terhadap masyarakat.

Menurutnya, kader kesehatan merupakan tangan kanan pemerintah dalam memberikan pelayanan serta informasi pelayanan terhadap masyarakat. Dengan banyaknya penduduk Kota Tangerang Selatan, maka dibutuhkan peran kader kesehatan dalam mensosialisasikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

“Setiap tahunnya, Kota Tangsel kedatangan penduduk baru,” ujar Benyamin di seluruh hadapan kader kesehatan Kecamatan Serpong.

Menurutnya dengan pertumbuhan penduduk yang pesat, maka pemerintah sangat mengandalkan Kader Kesehatan yang dianggap mampu merangkul masyarakat dan memastikan pelayanan kesehatan sampai ke kelompok terkecil di masyarakat.

Saat ini, Benyamin menyampaikan bahwa usia rata-rata hidup di Kota Tangerang Selatan mencapai usia 72 tahun. Namun, dengan angka tersebut, kader kesehatan tidak boleh lengah, sehingga pelayanan tetap harus dimaksimalkan.

Kader memiliki peran besar terhadap pertumbuhan pelayanan kesehatan di Kota Tangsel. Dengan terbatasnya kemampuan ASN dalam memberikan pelayanan, maka di sanalah peran kader kesehatan diharapkan.

Saat ini, Dinas Kesehatan memiliki keterbatasan pegawai. Dengan begitu kader kesehatan diharapkan mampu menjadi jembatan emas untuk pelayanan kesehatan di tengah masyarakat. Menyampaikan aspirasi masyarakat kepada pemerintah. Begitu juga sebaliknya.

Kader kesehatan diharapkan bisa dan mampu memberikan arahan kepada masyarakat mengenai imbauan pemerintah dalam proses pemutusan mata rantai Covid-19. Menyampaikan apa saja yang penting dilakukan oleh masyarakat seperti menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan kegiatan lengkap dengan protokol kesehatan.

“Jadi kader kesehatan harus memastikan bahwa lingkungannya bisa menerapkan protokol kesehatan. Lingkungannya bersih sehingga bisa membantu pemerintah dalam proses pemutusan mata rantai Covid-19,” kata Benyamin.(humas-kominfo)

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.