Serpong, bidiktangsel.com – Sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) mengalami dampak cukup dalam akibat pandemi Covid-19. Perilaku ini disebabkan adanya penurunan jumlah pembeli dan berubahnya frekuensi belanja masyarakat.

Ditengah pandemi covid-19 masyarakat juga harus bisa didorong untuk mandiri. Tinggal pemerintah yang akan memfasilitasi meningkatkan daya jualnya produk-produk UKM.

Menurut Calon Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Pilar Saga Ichsan yang berkunjung ke salah satu Gerai UKM Lengkong di Jalan Ciater Raya Kelurahan Rawa Mekar Serpong, mengatakan bahwa peluang menciptakan pundi ekonomi untuk kaum milenial bisa didorong dari UMKM.

“Salah satunya gerai UKM Lengkong yang bisa mendorong kekuatan ekonomi di masyarakat langsung. Pemasarannya bisa diperluas bukan di Tangsel atau Banten saja,” kata Pilar Saga saat ditemui bidiktangsel.com, Kamis (17/9/2020).

Jadi pengembangan jual produk hasil UMKM bukan terkonsentrasi tidak untuk wilayah di Kota Tangsel saja.

Terkait dengan adanya Gerai UKM Lengkong, Pilar Saga Ichsan mengatakan komunitas gerai ini aktif di berbagai event, kegiatan-kegiatan UKM dan memang ini suatu gerakan komunitas yang bisa menghidupi kegiatan ukm di kota tangsel.

“Karena pada dasarnya ekonomi kerakyatan itu berada di tangan masyarakat secara langsung, dengan adanya Gerai UKM Lengkong ini membantu menumbuhkan ekonomi-ekonomi masyarakat atau bisnis-bisnis kecil dimasyarakat,” ujarnya.

Selain sistem pemasaran, pemerintah juga berkewajiban membantu pola permodalannya. Mereka juga wajib dibekali dengab pengetahuan. Bagi pemula dan yang sudah eksis harus mendapat bimbingan dari pemerintah.

“Packing yang baik harus dibantu supaya orang tertarik. Pemasaran juga bisa dibantu oleh dinas terkait. Saya yakin ini akan memberi peluang meningkatkan daya jual sehingga taraf ekonomi masyarakat Tangsel meningkat. Sebab ini program penting,” kata Pilar Saga.

Menurutnya, semua kalangan termasuk kaum muda harus didorong menjadi pengusaha ketika peluang sudah diciptakan dan ketika terealisasi akan menekan angka pengangguran.

“Gerai UMKM didorong maju, bukan tanpa sebab akan menciptakan lapangan kerja dan usaha. Produk bir pletok khas betawi kan harus dikencangkan lagi pemasarannya supaya pangsa pasarnya merambah ke daerah lain,” pungkas Pilar. (*/Red)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

One reply on “Pilar Saga Ichsan: Peluang Menciptakan Pundi Ekonomi Dari Milenial”

Comments are closed.