Jakarta, bidiktangsel.com – Jandi Mukianto terpilih untuk memimpin Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI) Provinsi DKI Jakarta setelah didukung suara bulat oleh seluruh majelis agama Buddha yang berada di Jakarta pada acara Pasamuan Daerah ke-4 WALUBI DKI Jakarta.

Dukungan tersebut mulai datang satu minggu sebelum Pasamuan diselenggarakan. Nama WALUBI dicetuskan oleh Menteri Agama Alamsyah Ratu Perwiranegara pada tahun 1978.

WALUBI adalah forum bagi umat Buddha Indonesia

Pasamuan Daerah tersebut dibuka oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta H. Anies R. Baswedan pada Sabtu, 26 September 2020. Dalam sambutannya Anies mengingatkan bahwa pandemi COVID-19 masih ada dan warga Jakarta saat ini dihadapkan dengan bencana kebakaran dan bencana banjir di beberapa titik.

“Kita berterima kasih WALUBI selalu hadir pada saat bencana-bencana yang terjadi di DKI Jakarta,” ucap Gubernur DKI. Anies juga mengharapkan siapapun yang terpilih memimpin WALUBI berdasarkan hasil Pasamuan tersebut dapat senantiasa menjaga hubungan antara umat Buddha DKI Jakarta dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta.

Ketua Umum Nasional WALUBI Hartati Murdaya juga mengharap kan pengurus DPD WALUBI DKI Jakarta dapat menjadi teladan bagi pengurus daerah lain, untuk dapat senantiasa bekerja lebih keras dalam menjalankan program kerja WALUBI.

Hartati juga mengharapkan umat Buddha di DKI Jakarta agar waspada dan selalu menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

“Sebagai organisasi Buddhis terbesar, WALUBI tentu memiliki peranan dan tanggung jawab yang besar kepada umat Buddha di DKI Jakarta, baik dalam pembinaan, penyuluhan serta mengorganisir majelis-majelis untuk turut berperan aktif dalam membina umatnya masing-masing”, kata Hartati yang juga berharap bahwa WALUBI Provinsi DKI Jakarta dapat mempertahankan kerjasama yang baik dengan lembaga swasta maupun pemerintah, karena WALUBI selama ini telah menjadi mitra yang baik bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan selalu dilibatkan oleh Pemerintah Daerah DKI Jakarta.

Suwanto, Pembimas Buddha Provinsi DKI Jakarta berharap walaupun Pasamuan Daerah ini adalah kegiatan pertama kalinya dengan cara daring/online, tetap berharap dapat menghasilkan kegiatan yang strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Para kader mampu memiliki kemandirian, memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat, handal, tangguh, dan terpercaya serta dispilin, cerdas, mandiri dan memiliki wawasan Nasional, dan dapat menumbuhkan Tri Kerukunan Hidup umat beragama”, kata Suwanto.

Jandi Mukianto sebagai Ketua terpilih berharap dapat menjadi pelayan bagi majelis dan umat Buddha anggota WALUBI yang ada di DKI Jakarta.

“Mohon tidak segan dan dapat memberikan saya pekerjaan-pekerjaan sehingga tugas Ketua WALUBI sebagai pelayan dapat dijalankan untuk kepentingan agama dan umat Buddha di DKI Jakarta,” kata Jandi Mukianto yang juga aktif sebagai dosen dan pengacara kepailitan di DKI Jakarta. (Lily/Red)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.