Tubaba, bidiktangsel.com – Penanganan limbah medis di Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung belum maksimal, banyak klinik swasta dan puskesmas tidak sesuai ketentuan dalam pengelola-an limbah.

Diantaranya Klinik Mitra Keluarga Medika yang berlokasi di Marga Kencana dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat.

Dari hasil investigasi dilapangan beberapa waktu lalu, ditemukan sisa pembakaran limbah medis disekitar lingkungan klinik dan rumah sakit, diduga limbah tersebut sengaja dibuang untuk menekan biaya operasional pengelolaan limbah medis kepada pihak ketiga.

Pengelola Klinik Mitra Keluarga Medika dr. Didik Suprianto Spog, saat dikonfirmasi awalnya mengelak temuan tersebut. Namun ketika tim menunjukkan bukti foto dan langsung menuju lokasi pembuangan, dr. Didik tidak bisa mengelak.

” Ya, itu hanya kelalaian karyawan saya saja,” jawab Didik dengan tenang.

“Kita sudah melakukan pengelola an limbah medis sesuai aturan yang ada. Kitakan sudah kerjasama dengan Rumah Sakit Asifa Daya Murni terkait limbah,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Tulang Bawang Barat dr. Pramono Satrio Wibowo membantah temuan wartawan soal limbah medis.

“Nggak mungkin ada limbah medis dibuang ditempat sampah. Saya sudah 4 (empat) tahun tugas disini (red-rumah sakit) dan selalu ngecek, dari polres juga sering melakukan pengawasan, tidak ada limbah yang tercecer. Kalaupun memang ada, saya akan pecat semua karyawan saya,” tegas Pramono saat diwawancara diruang kerjanya, Senin (29-9-2020).

Namun setelah tim menunjukkan bukti rekaman video, Pramono tidak bisa mengelak, saat tim mengajak Pramono mengecek langsung kelokasi pembakaran limbah, beliau menolak. Bahkan Pramono mempersilahkan wartawan untuk ekspose berita terkait limbah.

Informasi yang dihimpun dari beberapa penyelenggara kesehatan di Tulang Bawang Barat, seluruh penyelenggara kesehatan yang ada diwilayah tersebut sudah bekerjasama dengan pihak ketiga dalam penanganan limbah medis.

Terkait limbah yang dibakar dibeberapa klinik dan rumah sakit, diduga cara tersebut sengaja dilakukan untuk menekan biaya operasional pengelolaan limbah. (iqbal/mus)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.