Serpong, bidiktangsel.com- Tidak saja ikut andil dalam penelitian dan pengembangan vaksin covid-19, Badan Tenaga Nuklir Nasional BATAN juga telah mengembangkan alat sterilisasi atau pembersih udara pada ruangan. Alat yang memancarkan sinar ultraviolet ini, dapat mematikan serangga, bakteri dan virus dengan efektif, termasuk virus covid-19.

“Ada 2 jenis, satu berbentuk seperti tiang bergerak. Tiang tersebut jika dinyalakan akan mengeluarkan sinar ultraviolet. Alat ini bisa digerakan dengan menggunakan remote control, hingga bisa di letakan pada posisi sebelah mana ruangan yang akan dibersihkan. Setelah dinyalakan alat tersebut akan bekerja dengan cara memancarkan sinar ultraviolet selama lebih kurang 30 menit, dengan jangkauan sejauh 3 meter,” tutur Kepala Pusat Rekayasa Fasilitas Nuklir (PRFN) Batan, Kristedjo Kurnianto, Selasa (27/10).

Baca Juga :  PBB Award Bagikan Doorprize Ke Insan Wajib Pajak

Lanjut Kristedjo, “Yang kedua alatnya berbentuk sebuah lemari. Lemari akan mengeluarkan sinar ultraviolet yang akan mensterilkan atau membersihkan alat-alat kesehatan, seperti APD Medis yang diletakkan di dalam lemari tersebut, agar bebas virus covid-19. Untuk alat ini sudah ada beberapa rumah sakit yang menggunakan.

Menurut Kristedjo, alat pembersih udara tersebut akan segera diluncurkan oleh mitra BATAN.

Baca Juga :  Benyamin Davnie Sidak Ke Pasar Tradisional Dan Modern

“Kami sudah bekerjasama dengan perusahaan yang akan berinvestasi untuk memproduksi alat tersebut dan sedang dipersiapkan untuk diproduksi secara masal agar bisa sampai ke masyarakat luas,” tutupnya. (Ashri)