Sukabumi, bidiktangsel.com – Angin puting beliung mengamuk di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, pada Senin Pekan silam. Akibatnya puluhan rumah rusak, beberapa pohon tumbang dan mobil yang rusak tertimpa pohon. Atap rumah beterbangan sehingga menimbulkan kepanikan.

Amukan angin puting beliung yang terjadi di empat kampung tiga RW yang berada di wilayah Desa Pangkalan, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Senin sore Pekan lalu.

Kepala Desa Pangkalan Usep Saepulrohman mengharapakan bantuan turun secepatnya dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

“Memang kami berharap pemerintah untuk cepat tanggap dalam membantu warga kami,” ujar Usep Saeulrohman, kepada wartawan.

Sampai saat ini bantuan yang diharapkan belum juga kunjung datang (terwujud). Sekalipun bantuan belum ada, namun hari ini pihaknya bersama Muspika Kecamatan Cikidang memfokuskan untuk membersihkan puing-puing pohon tumbang yang menimpah tiang listrik. Hingga menimpah Sekolah Desar Negeri 1 Cikidang dan menutup akses jalan utama Cikidang.

Baca Juga :  Dandim Trenggalek, Periksa Bambu Umbul-Umbul

“Kami terus mendata dan memantau ke kampung yang terdampak bencana, sampai hari ini sesuai pendataan, tidak ada korban jiwa,” ujar Usep.

Ada 24 rumah rusak ringan dan 23 lokal kandang ayam rusak parah, 2 lokal kelas dan 3 warung milik warga mengalami rusak parah.

“berdasarkan pengecekan ke lokasi bahwa salah satu rumah milik Adita Lestari (adalah wartawan Harian Investigasi Koran Berita Indonesia) sangat parah atap rumah berhamburan terbang tertiup angin puting beliung, air hujan membasahi perabotan yang ada, tapi kejadian bencana tersebut tidak ada korban jiwa. Namun sejumlah warga yang rumahnya rusak tertimpah pohon masih mengungsi dirumah keluarganya,” kata (Tari) panggilan akrab Adita Lestari .

Baca Juga :  Angin Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Desa Cibereum

Tari, juga masih tetap mengharap kan kepada pemerintah terkait untuk segera mengirimkan bantuan agar dapat memperbaiki atap dan dinding yang retak, dikarenakan saat sekarang masih mengungsi. Sememtari dilokasi jaringan seluler masih lambat dan jaringan listrik masih proses perbaikan.

Angin yang menerjang sebagian rumah tumbang di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, selama beberapa menit, memporak porandakan wilayah tersebut.

Beberapa pohon tumbang yang dapat terlihat di sepanjang Jalan juga rumah tidak beratap di Cikidang Labuhan Ratu.

Baca Juga :  Terus Galang Media Untuk Publikasi TMMD "Kalikondang"

Suasana mencekam dirasakan langsung oleh warga, petir besar terdengar beberapa kali, langsung diikuti oleh angin puting beliung keras selama beberapa menit, dan kemudian disertai hujan kencang yang turut memperbesar kerusakan yang terjadi.

Menurut Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG, Dodo Gunawan memasuki musim hujan saat ini, memang mulai sering terjadi fenomena cuaca ekstrim seperti kejadian di Kec. Cikidang Kabupaten Sukabumi.

“Kondisi cuaca ekstrim termasuk puting beliung itu ada kaitannya sebagai dampak perubahan iklim yang makin sering terjadi, angin kencang pada saat musim penghujan,” kata Dodo yang dihubungi via seluler.

PENULIS : EDWARD. AN.

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.