Serpong, bidiktangsel.com- Bersepeda menjadi olahraga yang paling dianjurkan di masa Pandemi Covid-19. Meski demikian, protokol kesehatan tetap harus diterapkan agar olahraga yang dilakukan bisa berjalan maksimal.

“Tetap harus mengikuti protokol kesehatan covid-19, di antaranya dengan memakai masker, menjaga jarak, tidak berkerumun dan selalu menjaga kebersihan terutama tangan,” ujar dr. Novi Dwi Rumani, dokter RS Permata Pamulang, saat mengedukasi komunitas gowes Rawa Kalong, pekan lalu.

Tidak hanya wajib menerapkan protokol kesehatan covid-19, para pesepeda juga harus memastikan kondisi tubuhnya sehat dan fit. “Jangan habis begadang langsung gowes, ini sangat membahayakan. Untuk melakukan olah raga sepeda, seseorang harus cukup beristirahat dan mengkonsumsi makanan bergizi,” tutur dr. Novi.

“Kondisi sepeda dan kelengkapan bersepeda pun harus diperhatikan. Di antaranya bagaimana dengan rem sepedanya, menggunakan helm saat gowes, masker yang nyaman agar tidak mengganggu pernafasan, serta jangan lupa untuk mengenali detak jantung dan kondisi fisik setelah bersepeda. Jika goweser merasakan berat bernafas, sulit berbicara, dan keringat berlebihan, maka goweser tersebut wajib beristirahat hingga kondisi kembali stabil, ingat jangan memaksakan diri, sebab bisa beresiko fatal,” papar dr. Novi.

Edukasi kesehatan bagi komunitas gowes diselenggarakan oleh Kangen Toast Cafe Bali Resort, sebagai wujud kepedulian Jangan Toast terhadap kesehatan masyarakat.“Saat ini sedang trend orang bersepeda. Kangen Toast sebagai salah tempat transit komunitas sepeda ingin berbagi ilmu dan membangun silaturahmi antar pegowes, ini adalah sesi pertama kami, rencana kami akan menggelar secara rutin. Semoga dengan edukasi ini para pegowes selain sehat juga bisa menambah wawasan tentang kesehatannya,” ucap Yogi Putra Wirandi, owner Kangen Toast Cafe, Bali Resort Serpong. (Astri)

0/5 (0 Reviews)
Facebook Comments

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.