JAKARTA, bidiktangsel.com – Massa tengang Pilkada Serentak ditetapkan 6-8 Desember 2020. Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengimbau kepada seluruh pasangan calon untuk tidak terprovokasi dengan isu-isu yang dimainkan pihak yang berharap munculnya kegaduhan.

“Bersama kita jaga marwah Pilkada saat masa tenang nanti, jangan cepat terprovokasi. Kita jaga suasana harmonis dan nyaman. Baik pasangan calon dan relawan bisa menghentikan seluruh aktivitas kampanye sesuai dengan aturan PKPU,” pinta Azis Syamsuddin, Rabu (02/11/2020).

Baca Juga :  Senyuman Fika Atas Kesigapan Tentara

Begitu pun kampanye yang dilakukan melalui media sosial. Diharapkan semua pihak baik pasangan calon maupun relawan mampu menahan diri dan tidak terpancing dengan narasi yang bersifat propaganda.

“Suasana yang harmonis ini harus terus kita jaga. Jangan terpancing dengan provokatif yang mengarah adu domba atau memecah belah persatuan menjelang pesta demokrasi,” pinta Azis Syamsuddin.

DPR juga berharap, Bawaslu dan Kemenkominfo untuk memantau dan bersikap tegas terhadapa konten-konten yang berdampak negatif terhadap keberlangsungan Pilkada itu sendiri.

Baca Juga :  Peran Strategis Babinsa di Lokasi TMMD Jatimulya Tegal

“Meredam dengan langkah-langkah cepat sangat dibutuhkan. Agar aroma provokatif ini tidak pula menjadi akar masalah. Bawaslu dan Kemenkominfo diharapkan hadir untuk mengantisipasi gejolak yang tidak diharapkan,” jelasnya.

Azis Syamsuddin juga meminta KPU dan Bawaslu mampu mengantisipasi polemik pengguna-an ribuan kertas suara yang sebelumnya dinyatakan rusak hasil penyortiran petugas.

“Agar tidak menimbulkan kendala pada hari pencoblosan di tempat pemungutan suara nanti. Termasuk upaya memanfaatkan kelemahan penyelenggara,” jelasnya.

Baca Juga :  Azis Syamsuddin: Perempuan Indonesia Harus Berani Lawan Tantangan

Bawaslu, lanjutnya Azis Syamsuddin, harus memberikan saran perbaikan kepada KPU terkait ditemukan lembar kertas suara rusak dengan meminta dilakukan penggantian seluruhnya.

“Kita juga sangat berharap pendistribusian logistik untuk pemilihan kepala daerah nanti KPU tepat waktu dan tepat jumlah sehingga tidak muncul permasala-han di tempat pemungutan suara nanti,” timpalnya. (ful/scio)

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.