Bogor, bidiktangsel.com – Fasilitator disebut juga Pemandu Koperasi. Dalam bekerja Fasilitator dapat berfungsi sebagai pelatih, pendamping, konsultan, maupun mentor. Sebagai seorang fasilitator pemberdayaan Koperasi dan UKM, Pemandu haruslah memiliki kualitas, kapasitas dan kompetensi tertentu yang berhubungan dengan aspek pemberdayaan Koperasi.

Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Tangerang Selatan bersama Lapenkop Kota Tangsel menggelar Pelatihan Pemandu Dasar (PPD) 1 Tahun 2020, Kamis, (17/12-2020) lalu di The Rizen Hotel Jalan Raya Puncak, Gadog Km 83 Cisarua Bogor.

Kegiatan yang diikuti oleh koperasi sebagai anggota Dekopinda Kota Tangsel berlangsung selama 3 (tiga) hari dimulai hari Kamis, Jumat dan Sabtu.

Ketua Dekopinda Kota Tangsel, H. Dudung E Diredja yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Kelembagaan, Djaya Sampoerna mengatakan bahwa fungsi Dekopinda adalah memberikan edukasi dan mengedukasi setiap anggota koperasi dengan mendidik para manager dan pengelola koperasi tersebut.

Menurutnya, Dekopinda mendidik para anggota koperasi yang masuk di dalam keanggotaan dan ikut pelatihan ini berkewajiban menyebarluaskan hasilnya kepada anggota lainnya.

Sebaiknya, Pemandu berasal dari lingkungan gerakan koperasi sendiri, sehingga pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dapat langsung diterapkan di koperasi binaan. Idealnya Pemandu (fasilitator) adalah “Anggota” koperasi aktif.

“Kita juga telah melakukan fasilitasi jika terjadi ketidak sesuaian antar anggota dengan lembaga koperasi, maupun antar lembaga koperasi lainnya,” kata Dudung.

“Disamping itu Dekopinda mendengar apa yang menjadi kemauan pemerintah daerah. Sebab fungsi Dekopinda adalah mensosialisasikan program tersebut. Dengan pola seperti ini diharapkan ada kolaborasi yang baik antara Pemkot Tangsel dengan koperasi,” tutupnya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Mewakili Dinas Koperasi Dan UKM Kota Tangsel, Kabid. Pembiayaan dan Peningkatan Usaha Koperasi dan UMKM Asep Saripudin, S, ST, Lapenkop Kota Tangerang Selatan dan para anggota Koperasi Anggota Dekopinda Kota Tangsel. (*/Red)

0/5 (0 Reviews)

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.