SERPONG- Bidiktangsel.com – Di masa pandemi Covid-19 penting bagi kita untuk memiliki imun yang kuat. Jaeni, salah satu instruktur muda senam Tai Chi di Fitness First, mengajak kita untuk meningkatkan imun tubuh dengan berolahraga dan berlatih Tai Chi.

Tai Chi adalah olahraga yang berasal dari Tiongkok dan memiliki gerakan yang lambat. Oleh karena itu, Tai Chi sering disebut juga senam Tai Chi. Senam Tai Chi memiliki manfaat untuk meninggkatkan daya tahan tubuh.

“Tai Chi adalah senam yang mempunyai gerak yang sangat lembut, halus dan indah serta tidak perlu menggunakan kekuatan yang besar. Namun, menggunakan pikiran dan tenaga secukupnya,” kata Jaeni kepada wartawan, Minggu (27/12).

Banyak yang mengira senam Tai Chi hanya untuk para lansia saja karena gerakannya lembut. Hal ini tentu tidak benar, senam Tai Chi ini sangat cocok untuk semua usia. Instruktur Jaeni pun sering mengajarkan senam Tai Chi pada anak muda sampai orang tua. Senam Tai Chi dapat dilakukan di pagi hari maupun di sore hari. “Saya biasanya mengajar senam Tai Chi pada pukul 06:30 dan sore sekitar pukul 16:00, selama satu jam,” kata Jaeni.

Instruktur Jaeni sudah bergelut di bidang olahraga senam selama 26 tahun. Senam yang dilakukannya beragam, yaitu ada senam PORPI, Tai Chi, Aerobik, SKJ, Zumba, Kreasi dan lain-lain. Menurutnya, sejak kecil ia sering berolahraga dan mengikuti gerakan-gerakan senam yang ada, sehingga membuat dirinya termotivasi menyukai semua jenis senam.

“Saya juga sering mengikuti lomba senam di induk organisasi PORPI (Persatuan Olahraga Pernapasan Indonesia) di Jakarta, baik tingkat ranting, wilayah, daerah, bahkan nasional maupun tingkat internasional. Jika ingin maju, memiliki banyak pengalam dan dikenal oleh masyarakat luas, kita harus sering mengikuti kegiatan lomba, ” ujar Jaeni yang menekankan pentingnya disiplin protokol kesehatan selama melaksanakan senam.

“Jangan sampai karena ingin sehat kita justru akan terpapar virus covid-19. Untuk itu, setiap peserta senam juga wajib menerapkan protokol kesehatan covid-19, yakni wajib pakai masker, jaga jarak, serta cuci tangan dengan sabun setelah senam, agar kita semua terhindar dari bahaya covid-19,” ungkap Jaeni.

Selain menjadi instruktur di Fitness First, Jaeni juga sering mengajar senam secara privat di kantor-kantor pemerintahan dan swasta, serta warga perumahan. Saat ini Jaeni juga menjadi Ketua Diklat DPP PORPI dan pengurus di KORMI DKI Jakarta.

0/5 (0 Reviews)
Facebook Comments

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.