Jakarta, bidiktangsel.com – Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin mendukung pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pengawasan ketat penyaluran berbagai bantuan sosial (bansos).

Pada posisi ini, Pemerintah juga diharapkan dapat mendesain ulang program bantuan sosial yang telah ada saat ini. Untuk menghindari kerentanan, kebocoran dan penyalahgunaan.

“Pertama tolong cermati yang berkaitan dengan data penerima yang saat ini terdapat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” terang Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin, Selasa (5/1/2021).

Kedua sambung Azis, adalah integrasi program bantuan sosial itu sendiri. Saat ini program bantuan sosial tersebar di sejumlah kementerian dan lembaga.

Kedepan harus dievaluasi dan disusun kembali oleh lembaga terkait seperti Bappenas. Evaluasi ini harus dilakukan agar menjadi efektif dan bisa disatupadukan.

“Saya mendukung pernyataan Presiden Jokowi untuk mengawal ketat penyaluran bansos. Pengawasan yang intensif menjadi kunci penyaluran bansos yang cepat dan tepat sasaran. Evaluasi juga menjadi hal penting. Agar integrasi dan target bansos benar-benar sampai pada penerima,” tutur Azis.

Wakil Rakyat dari Dapil II Lampung itu berpendapat bahwa penyaluran bansos tersebut harus dilakukan dengan mekanisme yang transparan dan akuntabilitas yang terjaga.

Ia juga meminta pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan terkait agar berkoordinasi dengan baik untuk memastikan tidak ada potongan-potongan dari bansos tersebut.

“Data warga yang berhak harus divalidasi hingga ke tingkat RT/RW. Langkah itu agar ada kejelasan alur pendataan yang akurat terhadap warga yang menerima bantuan sosial,” ucapnya.

Menurutnya, implementasi penyaluran bansos di beberapa daerah kerap kali terkendala. Salah satu faktornya yakni permasalahan data, sehingga dibutuhkan persiapan matang dalam berbagai hal teknis seperti mekanisme distribusi, data keluarga penerima manfaat, dan peta penyaluran.

Sehingga masyarakat serta aparatur kelurahan/desa perlu memahami syarat dan ketentuan dari penerima bansos. Penyaluran bansos diharapkan dapat disalurkan secara cepat, tepat sasaran, dan juga efisien.

“Sehingga dapat mengangkat kemampuan ekonomi, daya beli, dan konsumsi rumah tangga masyarakat di tengah resesi yang sedang dialami Indonesia,” tegas Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu. (ijs/ful)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.