Izin Umrah Dibuka Khusu Jemaah Bebas Covid-19s

Jakarta, bidiktangsel.com – Pemerintah Arab Saudi telah mencabut larangan penerbangan internasional ke negaranya dan membuka kembali kegiatan ibadah umrah pada Minggu (3/1/2021) usai menutup akses masuk ke negaranya selama dua pekan akibat berkembangnya varian baru Covid-19 di beberapa negara.

Atas pemberlakuan tersebut, DPR meminta Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) untuk menindaklanjuti hal tersebut dengan melakukan komunikasi dengan Kedutaan Besar Arab Saudi agar jemaah umrah Indonesia diberikan izin untuk melakukah ibadah umrah ke Tanah Suci.

“Secepatanya Ditjen PHU untuk menginformasikan kepada seluruh biro perjalanan umrah terkait dibukanya kembali ibadah umrah agar jemaah yang akan diberangkat ke Tanah Suci dapat mempersiapkan diri secara matang sampai dibuka kembali penerbangan Indonesi ke luar negeri,” terang Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin, Rabu (6/1/2021).

DPR juga mendorong Kemenag dan Kementerian Kesehatan untuk memastikan jika setiap jemaah umrah yang berangkat sudah bebas Covid-19, ditandai dengan surat hasil swab PCR yang sudah divalidasi guna memastikan kejadian penangguhan jemaah umrah dari Indonesia tidak terjadi kembali di masa depan.

“Pastikan kembali protokol kesehatan diterapkan secara ketat oleh seluruh jemaah saat umrah dan melakukan pengawasan secara ketat atas pelaksanaan protokol kesehatan guna meminimalisir potensi jamaah terinfeksi Covid-19,” jelas Wakil Ketua Umum Partai Gokar tersebut.

Pemerintah perlu memastikan para jamaah yang pulang dari ibadah umrah mengikuti prosedur protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, seperti melakukan tes usap dan isolasi mandiri yang dipantau selama 14 hari untuk meminimalkan potensi penyebaran Covid-19 ke keluarga dan kerabat di Indonesia.

“Bersama kita sukseskan umroh di Januari 2021 sebagai salah satu upaya menaikkan citra Indonesia dan upaya diplomasi kepada pihak Arab Saudi agar dapat segera mengesahkan kontrak haji 2021 dan Indonesia bisa memberangkatkan jemaah haji 2021,” tutup Azis Syamsuddin. (ful)

0/5 (0 Reviews)

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.