Jakarta, bidiktangsel.com-Vaksin menjadi harapan baru bagi pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19. Namun perlu diingat bahwa Vaksin bukan solusi tunggal untuk mengatasi wabah covid-19, masyarakat tetap harus menerapkan protokol kesehatan meski telah menerima vaksin.

Hal tersebut dikatakan oleh Petugas Gugus Covid-19 Nasional, Hery Trianto, dalam diskusi virtual bertema “Vaksinasi Covid-19 Perubahan Perilaku dan Diseminasi Informasi” yang digelar Dewan Pers dan BBC Media Action, pada Jumat (8/1).

“Vaksin bukan solusi tunggal, hal ini perlu menjadi pemahaman kita bersama. Vaksin bukanlah obat yang mematikan Covid-19. Mereka yang sudah di vaksin bukan berarti akan kebal dari virus tersebut. Vaksin hanya merangsang tumbuhnya antibodi di dalam tubuh sehingga fatalitas bagi mereka yang terinfeksi bisa dikurangi,” papar Hery.

Hery juga mengatakan bahwa mereka yang sudah menjalani vaksinasi bukan berarti juga tidak bisa menulari orang lain. Ia tetap berpotensi untuk menulari apabila terinveksi covid-19.

“Oleh karena itu, program vaksinasi yang segera kita jalani tidak boleh meninggalkan kewajiban menerapkan protokol kesehatan. Masyarakat tetap harus memakai masker, menjaga jarak, tidak berkerumun dan rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir usai beraktifitas,” tegas Hery. (Astri)

Facebook Comments