Jakarta, bidikTangsel.com – Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin mengapresiasi PDI Perjuangan (PDIP) yang mengusung kegiatan bertema “Cinta Ciliwung Bersih” dalam perayaan HUT ke-48 pada 10 Januari 2021. Sungai bagian tak terpisahkan dari peradaban kehidupan manusia di seluruh bumi

“Ide yang diangkat PDIP mengesankan. Ini menunjukkan visi berkelanjutan. Sungai Ciliwung adalah barometer pengelolaan daerah aliran sungai di Indonesia, karena melintasi Bogor dan ibu kota negara yakni Jakarta,” tutur Azis Syamsuddin dalam keterangannya, Minggu (10/1/2021).

Pada kegiatan itu PDIP juga akan menggelar penanaman pohon di sekitar sungai di seluruh Indonesia yang rencananya dilakukan secara serentak. Pemusatan kegiatan itu di Sungai Ciliwung.

“Apresiasi atas penyelengaraan yang dilangsungkan PDIP. Ini bagian semangat mencintai lingkungan sekitar sebagai habitat kehidupan,” imbuh Azis.

Keberadaan sungai, sambung Azis tentu tidak terlepas dari fungsinya, baik untuk mengairi lahan pertanian, perikanan, sampai sumber air minum yang memerlukan kualitas air yang baik dan tidak tercemar.

“Saya menilai, PDIP memberikan pesan untuk semua. Melaksanakan pembangunan tidak terlepas pula pada pemulihan sungai dan lingkungan sekitar. Agar tidak terjadi pencemaran dan bencana,” tutur Wakil Ketua Umum Partai Golkar tersebut.

Membangun infrastruktur ramah lingkungan menjadi kewajiban. Sehingga 2030 target pencapaian SDGs tercapai.

“Sungai yang ada (Khususnya DKI Jakarta) telah terjadi pendangkalan akibat lumpur dan sampah. Belum lagi problem penggundulan hutan hingga menyebabkan banjir dan longsor pada musim hujan di daerah penyangga Ibu Kota,” terang Azis.

Azis menegaskan, sungai bukan sebatas saluran air dan menjadi drainase yang terjadi di sejumlah kota. Sungai adalah habitat, bagi banyak organisme di bumi.

“Jika pencemaran tetap dibiarkan maka sama saja pembunuhan masa depan generasi kita. Sama saja kita membiarkan peradaban Indonesia segera mati,” tegas Azis.

Di akhir keterangannya Azis mengajak semua pihak terus melestarikan lingkungan dan memberikan apresiasi atas semangat para pejuang Kalpataru dalam menjaga alam untuk anak-cucu generasi bangsa.

“Hormat saya sampaikan kepada para pejuang Kalpataru sebagai pejuang lingkungan negeri ini. Dirgahayu PDI Perjuangaan ke-48, mantap melangkah bersama,” pungkas Azis Syamsuddin. (ijs/ful)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.