Jakarta, bidiktangsel.com – Sesuai rencana, setelah vaksinasi perdana kepada Presiden Joko  Widodo pada Rabu (13/1), maka vaksinasi selanjutnya difokuskan bagi tenaga kesehatan,  sebagai kelompok prioritas yang rawan terpapar COVID-19. Dalam kurun dua pekan sejak  vaksinasi COVID-19 pertama kali, lebih dari 500 ribu tenaga kesehatan telah mendapatkan  suntikan vaksin COVID-19.  

Untuk mempercepat vaksinasi bagi tenaga kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes)  menggelar vaksinasi massal di sejumlah kota, yaitu Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung,  Makassar, Semarang, Denpasar, dan Manado. Vaksinasi massal yang diadakan di Yogyakarta  pada Kamis (28/1) diikuti oleh lebih dari 3.000 nakes dan diselenggarakan oleh RSUP Dr.  Sardjito, sementara kegiatan yang sama digelar di 5 wilayah di Jakarta pada Minggu (31/1)  menargetkan 1.000 nakes. Pada Minggu (31/1), Kemenkes bekerja sama dengan Pemerintah  Daerah Kota Surabaya menggelar vaksinasi serentak di Gedung Graha YKP dan diikuti 4.250  nakes dan 146 tenaga vaksinator. Di saat yang sama, sebanyak 63 Puskesmas di Kota Surabaya  juga memberikan pelayanan vaksinasi dengan target sasaran sebanyak 3.150 orang, menjadikan  total peserta vaksinasi sekitar 7.000 orang.  

“Antusiasme lebih dari lima ratus ribu tenaga kesehatan, termasuk yang telah mengikuti kegiatan  vaksinasi massal, menunjukkan respon yang sangat positif dari para nakes dalam mendukung  program vaksinasi ini. Beberapa kendala teknis yang sempat muncul di awal-awal, tidak  menyurutkan optimisme mereka terhadap keamanan dan manfaat vaksin dalam memberikan  perlindungan terhadap COVID-19,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk vaksinasi COVID-19,  dr. Siti Nadia Tarmizi. 

Kegiatan vaksinasi massal akan berlangsung di kota-kota lain dengan jadwal sebagai berikut:

  • Makassar akan berlangsung 2 Februari 2021 di bawah koordinasi RS Wahidin.
  • Semarang akan berlangsung pada 2 Februari 2021 di bawah koordinasi RSUP Dr.  Kariadi. 
  • Bandung akan berlangsung pada 3 Februari 2021 di bawah koordinasi RS Hasan Sadikin.
  • Denpasar akan berlangsung pada 4 Februari 2021 di bawah koordinasi RSUP Sanglah.
  • Manado akan berlangsung pada 5 Februari 2021 di bawah koordinasi RSUP

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

One reply on “Sesuai Target, Antusiasme lebih dari 500 ribu tenaga kesehatan Disuntik Vaksin COVID-19”

Comments are closed.