Jakarta, bidiktangsel.com – Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin mengapresiasi gagasan yang dilakukan PT Pertamina (Persero) dalam mengembangkan Desa Energi Berdikari di Lampung Tengah. Harapannya, pengembangan dengan melibatkan Asosiasi Kelompok Wanita Tani (Askowani) tersebut terus berjalan dan meluas ke sejumlah daerah lainnya.

Dalam prosesnya, ada 40 unit teknologi biogas dan 40 unit instalasi cocok tanam rumah hidroponik untuk 40 rumah tangga warga Lampung Tengah yang terdiri dari 166 anggota keluarga penerima manfaat.

“Ini langkah awal yang menggembirakan, DPR akan terus memberikan suport agar langkah kecil ini terus meluas dan berkembang ke daerah lainnya,” terang Azis Syamsuddin dalam rilisnya, Jumat (12/3/2021).

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini, pada era modernisasi saat ini, peran perempuan tidak hanya sebagai penggerak ekonomi keluarga namun telah bertransformasi menjadi penggerak ekonomi bangsa.

“Perempuan saat ini harus berani melangkah. Perempuan di desa pun harus berdikari. Salut untuk hasil kerja yang telah dilakukan, semoga bermanfaat bagi masyarakat,” imbuh Azis.

Ia menyebutkan pengembangan program energi ini bertujuan menciptakan kemandirian energi, pelestarian lingkungan, ketahanan pangan, peningkatan perekonomian keluarga.

Selain itu, pemberdayaan masyarakat untuk pemanfaatan energi terbarukan berbasis masyarakat melalui pembangunan rumah biogas terintegrasi dengan penerapan cocok tanam hidroponik rumahan dalam rangka mendukung pemerintah daerah mencapai target tujuan pembangunan berkelanjutan.

Dalam mengembangnya, konsep ramah energi menyediakan 1.000 watt panel surya untuk penerangan dan dapur yang dilengkapi Instalasi biogas. “Harapnnya, program ini terus dimonitoring. Karena program ini bisa menjadi percontohan sebagai rumah display untuk produk-produk UMKM Binaan Pertamina,” pungkas Azis Syamsuddin. (as)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.