Setu, bidiktangsel.com — Komisi 1 DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kembali menggelar rapat  koordinasi terkait Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Senin (06/9/2021).

Dalam rapat tersebut para Camat menyerahkan data sertipikasi tanah kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat.

Pada kesempatan itu, Komisi 1 DPRD Tangsel memberi deadline kepada BPN Tangsel agar tahun ini minimal harus menuntaskan 50 % dari 5.001 bidang tanah yang masuk PTSL.

Sekretaris Komisi I DPRD Kota Tangsel, Drajat Sumarsono, yang memimpin langsung rapat tersebut mengatakan, DPRD Kota Tangsel serius menanggapi keluhan masyarakat yang hingga kini sertipikat tanahnya belum juga selesai.

Baca Juga :  Polsek Kalideres Meringkus Pengedar Narkoba di Semanan Jakbar

“Ini sebagai bentuk keseriusan kami, dimana kami mendengarkan langsung keluhan masyarakat terkait sertipikat tanah yang belum juga selesai hingga kini. Hak masyarakat ini yang harus kami perjuangkan,” ujarnya.

Drajat mengatakan, dalam rapat tersebut Komisi I menyerahkan sebanyak 5001 data bidang tanah yang belum jadi sertipikatnya dalam program PTSL.

“Pada rapat sebelumnya kami hanya menemukan angka 5001, dan kini datanya sudah hamper lengkap mulai dari nama, alamat, serta masalahnya. Dan itu semua kita serahkan ke BPN untuk segera disinkronisasikan dengan data yang ada di BPN,” ujarnya.

Baca Juga :  DPRD Tangsel Umumkan Walikota Dan Wakil Walikota Terpilih

Bahkan, Komisi I juga membentuk tim khusus untuk menyelesaikan PTSL tersebut. Dimana seluruh dewan di Komisi I menjadi koordinator di daerah pemilihan (Dapil) masing-masing, untuk terus berkoordinasi dengan kecamatan, juga petugas yang di lapangan.

“Kita ingin minimal 50 persen dari 5001 bidang tanah ini selesai sampai akhir tahun ini, maka kami sudah bentuk tim khusus di semua kecamatan, dimana langsung dipegang koordinatornya masing-masing dewan agar semua persoalannya bisa terselesaikan dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga :  P4TRA Segera Laporkan PT PITS dan DPRD Tangsel

Rapat selanjutnya, Komisi I ingin mengetahui hasil sinkronisasi data yang telah diserahkan kepada BPN.

“27 September nanti kami akan rapat lagi dengan BPN, untuk mengetahuai seperti apa hasil singkronisasinya,” ujarnya.

Kepala Seksi Penetapan Hak dan Pendaftaran pada Kantor BPN Kota Tangsel, Sugiyadi, mengatakan dari data yang diterima tersebut, pihaknya akan langsung bergerak melakukan singkronisasi dengan data yang ada di BPN.

“Kami hadir di sini untuk menerima data dari DPRD, dan langsung kita serahkan ke pimpinan untuk dilakukan singkronisasi,” pungkasnya singkat. (jkh/Red)

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.