Jakarta, bidiktangsel.com – Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MKRI) akan menyelengarakan Konferensi ke-2 Lembaga Peradilan Negara- Negara Anggota Organisasi Kerja Sama Islam pada 15-17 September 2021 di Hotel Pullman, Bandung, Jawa Barat.

Pada waktu dan tempat yang sama, MK juga turut menggelar Simposium Internasional. Kedua acara tersebut akan digelar secara daring dan luring dengan protokol kesehatan yang ketat.

Presiden RI Joko Widodo akan membuka konferensi yang mengusung tema: “Human Rights and
Constitutionalism: The Contribution of Judiciary in Moslem Countries” pada 16 Agustus 2021 secara daring.

Baca Juga :  SMSI Pusat Kembali Tindaklanjuti Pendaftaran Sebagai Konstituen Dewan Pers

Selain itu, turut hadir Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang akan memberikan sambutan pembukaan pada konferensi tersebut.

Konferensi diikuti oleh para delegasi yang berasal dari 32 negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI)
serta mitra kerja sama dalam negeri.

Akan tetapi, hanya delegasi dari Turki dan Pakistan yang hadir secara
langsung bersama MKRI sebagai tuan rumah.

Terpilihnya MKRI sebagai tuan rumah pertemuan (J-OIC), merupakan mandat Istanbul Declaration pada 2018 lalu.

Konferensi J-OIC memang menjadi salah satu forum penting untuk meningkatkan kualitas putusan MK, di mana para delegasi dapat bertukar pikiran atau pengalaman dengan institusi sejenis dari mancanegara.

Baca Juga :  Anak-Anak SMA Ambil Peran di TMMD Kalikondang

Selain itu, acara ini merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk semakin meneguh kan kedudukannya sebagai negara hukum demokratis yang memiliki ideologi Pancasila.

Sehingga, diharapkan melalui konferensi J-OIC dapat meningkatkan peran MKRI dalam menegakkan perlindungan hak asasi manusia serta mempererat hubungan kerja sama antar lembaga peradilan negara-negara anggota OKI.

Tidak kalah penting, MKRI akan menggelar Simposium Internasional yang bertemakan “Constitutional Court, Religion and Constitutional Rights Protection” pada 15-16 September 2021.

Baca Juga :  Bantu Sukseskan TMMD, Persit Bagikan Bubur Kacang Ijo Pada Siswa Sekolah

Hakim Konstitusi Saldi Isra akan memberikan sambutan pembukaan pada simposium ke-4 tersebut, kemudian diikuti oleh Hakim Konstitusi Enny
Nurbaningsih yang akan memberikan ceramah kunci.

Selanjutnya, rangkaian acara simposium akan diisi oleh 15 pembicara dari berbagai mancanegara yang akan memapar kan pemikirannya di depan seluruh peserta simposium yang hadir secara daring. Terakhir, simposium akan diakhiri dengan penyampaian sambutan penutupan oleh Sekretaris Jenderal, M. Guntur Hamzah. (TIR)

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.