Tangsel – Seiring masuknya virus covid-19 di Indonesia pada awal Maret lalu di Kota Depok, membuat beberapa instansi pendidikan di beberapa wilayah Tangerang Selatan memutuskan untuk melakukan pembelajaran secara daring.

Universitas Pamulang sendiri, memiliki sistem pembelajaran daring (e-learning) yang menghubungkan antara dosen pengampu dengan mahasiswa dalam suatu forum.

Salah satu mata kuliah yang wajib diikuti pada semester akhir yaitu komputer akuntansi, dengan menggunakan program zahir. Zahir adalah salah satu program akuntansi yang banyak digunakan di dunia pendidikan maupun di dunia kerja.

Adanya program ini, kita dapat dengan mudah mengelola keuangan  tanpa membutuhkan waktu yang lama, juga mengontrol hutang, piutang, persediaan dengan mudah. Sistem ini sangat penting untuk dipelajari mahasiswa akuntansi, karena dalam mata kuliah ini, kita akan mengetahui tata cara atau langkah-langkah untuk mendapatkan output dari sistem ini, yaitu laporan keuangan.

Dalam satu minggu, dosen dan mahasiswa dapat bertemu dalam forum selama satu kali, dengan waktu yang sudah ditentukan oleh kampus. Dosen akan memberikan perintah untuk menjawab pertanyaan yang sudah diberikan, kemudian, mahasiswa akan menjawabnya pada kolom reply. Selain itu, mahasiswa dan dosen dapat saling berdiskusi, seperti memberikan saran atau sanggahan dan kritik. Pada waktu tertentu, dosen dan mahasiswa diberikan waktu untuk melakukan pembelajaran melalui video conference seperti zoom us atau melalui google meet dengan durasi waktu 100 menit, dalam video conference tersebut, mahasiswa satu persatu dipanggil berdasarkan absen, lalu masing-masing dari mahasiswa akan melakukan share screen untuk menampilkan hasil dari tugas yang diberikan dosen, dengan begitu, dosen pengampu dapat dengan mudah mengoreksi dan memberikan saran jika ada kesalahan input dari masing-masing menu.

Mahasiswa dan dosen diharapkan dapat melakukan sistem pembelajaran daring ini secara kondusif, karena untuk menunjang pengetahuan mahasiswa di mata kuliah komputer akuntansi.

Berikut penulis berikan langkah-langkah membuat data baru pada program zahir:

I. Mengisi Informasi Perusahaan

II. Mengisi Periode Akuntansi

III. Mengisi Departemen, Kode Akun, dan Kode Prefiks

IV. Konfirmasi Akhir

V. Jenis Usaha

VI. Set Up Data Mata Uang Fungsional

VII. Set Up Data Mata Uang Asing

VIII. Tampilan Dashboard jika Berhasil Membuat Data Baru

Penulis :
Ayu Savira mahasiswi
Universitas Pamulang Fakultas Ekonomi & Bisinis.

0/5 (0 Reviews)
Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.