Serpong – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel akan menguji coba penggunaan e-voucher pangan sebagai pengganti program beras untuk rakyat miskin (Raskin) di beberapa wilayah Kecamatan pada awal tahun 2017.

Acara Monitoring dan Evaluasi Beras Raskin Triwulan IV yang dilaksanakan pada hari Kamis (17/11-2016) di Buffe Bukit Plawangan, Cilenggang Kec. Serpong Kota Tangerang Selatan.

Menurut Kepala Disnakersos, H. Purnama Wijaya mengatakan perubahan ini bertujuan untuk lebih mempermudah warga dalam memperoleh bantuan. Bantuan yang diberikan tidak lagi berupa beras miskin atau raskin, melainkan berupa E-Voucher yang memiliki nilai dan bisa ditukarkan dengan sejumlah bahan kebutuhan pokok warga.

“Data dan pembagian e voucher kepada yang berhak dan saya titip jangan sampai salah sasaran,” katanya.

Data tahun 2011 sebanyak 16.677 rumah tangga sejahtera (RTS) yang berhak menerima, untuk tahun 2016 turun menjadi 10.100 RTS yang setia bulannya harus di evaluasi dan update.

“Jangan sampai di wilayah lain, data orang yang sudah meninggal tapi masih menerima bantuan,” ujarnya.

Pelaksanaannya mulai dari tingkat kelurahan dan formatnya agar segera dikirim ke Disnakersos untuk diajukan ke Kementerian Sosial.

“Ini akan diterapkan pada awal 2017. Jadi pemberian raskin di tahun mendatang berbentuk E-Voucher,” ungkapnya.

Untuk penyaluran, Pemkot Tangsel melalui Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Kota Tangsel akan membentuk E-Warong. (*)

Penulis : IsOne/Sugeng

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.