#Opini – Pembinaan dalam pendidikan anak usia dini dilakukan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar memiliki kesiapan dalam menghadapi tugas perkembangan selanjutnya. Selain itu, pendidikan anak usia dini harus mampu memberikan stimulus dalam mengembangkan seluruh aspek perkembangan yang dimiliki oleh anak. Adapun aspek perkembangan anak ada lima yaitu aspek fisik motorik, intelektual, sosial, emosional, dan bahasan. Kelima aspek tersebut berkembang pesat pada usia dini, hal ini memerlukan perhatian khusus supaya anak dapat optimal dalam perkembangannya.

Kemampuan mengenal warna disesuaikan dengan kemampuan anak usia dini. Tujuan dari pengenalan warna yaitu sebagai dasar bagi pengetahuan anak mengenai pengetahuan selanjutnya yang akan menjadi bekal pengetahuan bagi anak. Hal ini sesuai dengan tahapan dari perkembangan kognitif Piaget yang menyatakan bahwa anak usia 7-11 tahun berada pada tahap praoperasional yang mulai mengenal beberapa simbol dan meningkat pada tahap selanjutnya yaitu mampu memecahkan persoalan sederhana secara konkrit.

Kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMkM) yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Pamulang pada hari Sabtu tgl 16 Oktober 2021 bertempat di Taman Baca Buaran mengenai” “Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Pada Anak Melalui Kegiatan Menggambar Dan Mewarnai Di Taman Baca Buaran Hijau”. Sebagai insan akademis, para mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang berupaya untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) di tengah suasana pandemi Covid-19.

Pada kegiatan PmKM kali ini di hadiri oleh Ibu Sri Ratna Dewi selaku pengurus dari Taman Baca Buaran dengan pesertanya sendiri terdiri dari 20 Anak di Taman Baca Buaran. Dan Mahasiswa Universitas Pamulang yang mengadakan PMkM  Muhammad Habib Idrus Sebagai Ketua Pelaksana  dengan anggotnya Elpianus wau, Muhamad Kurtubi, Pinolia Ramadhan. Dengan Dosen Pemimbimbing saya yang baik hati yaitu Ibu  Fitriyah,S.Pd.,M.Pd

Materi yang disampaikan terkait pengenalan warna menggunakan media mewarnai sehingga anak-anak dapat memahami bagaimana cara mengolah warna-warna primier menjadi wrna sekunder. Teknik penyampaian materi di jelaskan secara mudah dan di peraktikan secara langsung sehingga dapat dipahami oleh para peserta yang notabene adalah anak-anak rentang usia 7-11 tahun.

Adapun Bahan-bahan dilakukan selama           kegiatan pelatihan adalah pencil warna, rautan dan kertas gambar.

Dengan diadakannya kegiatan PMkM ini diharapkan dapat memberikan edukasi pengenalan warna  terhadap anak dalam media mewarnai. Sekaligus dapat membuat anak-anak semakin menyukai warna-warna dan banyak mengenal warna-warna primier maupun sekunder. (***)

Penulis :

Muhammad Habib Idrus, Elpianus Wau, Pinollia ramadhan dan Muhamad Kurtubi

Mahasiswa Universitas Pamulang

0/5 (0 Reviews)

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.