#Opini – Origami, dari kata ori yang berarti “lipat” dan kami yang berarti “kertas” merupakan seni tradisional melipat kertas yang berkembang menjadi suatu bentuk kesenian yang modern. Origami adalah salah satu kesenian melipat kertas, atau papercraft yang cukup banyak digemari saat ini. seni melipat kertas ini berasal dari negara Jepang. Bahan yang diperlukan dari kegiatan ini ialah kertas origami yang mana dapat dilipat sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Kesenian adalah bagian dari budaya dan merupakan sarana yang digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia. Prakarya adalah berasal dari istilah pra dan karya peran mempunyai makna belum karya adalah hasil kerja, pra karya didefenisikan mempunyai target pemasaran sidevelover atau desainer itu sendiri. Kualitas belum menjadi perhatian sebab itu belum ada penggunaanya atua konsumenya, Satu-satunya pengguna mungkin sideveloper itu sendiri. Kulitas belum menjadi perhatian yang penting bentuk dasarnya saja, harga sebuah prakarya ditentukan sangat subjektif, sebab belum tahu potensi pasarnya, prakarya memiliki pengertian keterampilan, hastakarya ,kerajinan tangan atau keterampilan tangan, bahan yang digunakan tersedia secara umum dipasaran, sehingga kita tinggal merangkai ataupun pemanfaatan limbah dan bahan bekas. Prakarya mempunyai peranan penting dalam pengembangan kreativitas dan mengembangkan menjadi sebuah inovasi baru.

KERAJINAN

Kerajinan adalah hal yang berkaitan dengan buat tantangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan.kerajinan yang dibuat biasanya dibuat dengan berbagi bahan. Dari kerajinan ini mengahsilkan hiasan atau benda seni, maupun barang pakai. Biasanya istilah ini diterapkan untuk cara tradisional dalam membuat barang-barang.

Kerajinan tangan bias terbuat dari barang- barang bekas, kardus, botol bekas dan plastic makanan.

  1. Kerajinan bahan alam merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan alam atau bahan-bahan dasarnya dari alam seperti: serat, bamboo danrotan.
  2. Kerajinan bahan buatan merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan buatan seperti: plastic, gips, dan origami

Origami merupakan salah satu kesenian melipat kertas, atau papercraft yang cukup banyak digemari saat ini. Cara membuat origami yang mudah bahanya sederhana membuat banyak orang menyukainya.origami berasal dari bahasajepang, padahal debetulnya origami pertama kali lahir di china sekitartahun 200 -300 M dan diperkenalkan di jepangoleh orang china yang merupakan utusan kerajaan jepang yang menganut agama budha.

Langkah pembuatan kerajinan melipat origami yang pertama dilakukan adalah membentuk segitigakan sepetak kertas origami tersebut, yang terpenting adalah harus rapi dan tulen membentuk suatu hal yang diinginkan untuk tujuan yang ingin dihasilkan.

Jenis kertas yang saya gunaakan hanya 1 macam yaitu: Paper craft, yang mana dengan teksturnya yang tipis tapi memudahkan kita untuk membentuk sesuatu yang kita inginkan.

Secara sederhana program oleh anak –anak gampong keudedua tentang prakarya seni melipat kertas origami kami lakukan bersama- sama , gunanya untuk meningkatkan pengetahuan sianak dalam berkreasi seni yang memiliki banyak nilai guna. Origami yang kami praktekan adalah untuk membuat sebentuk bunga, yang step by step kami praktekan di depan anak –anak supaya cepat paham dan langsung ikut melakukan hal yang bersamaan dalam peraktek tersebut, alhasil anak –anak gampang keduanya cepat paham dan menangkap bagaimana proses pembuatanya.

Maksud, Tujuan dan Sasaran yang ingin dicapai adalah untuk membantu dan memberi pemahaman pada anak –anak bagaimana bermain, yang membuat mereka bisa berkreasi seni yang memiliki nilai guna baik bagi mereka, dan orang sekitarnya.

Tujuan dari pelaksanaan program ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan anak tentang perlunya berkreasi seni yang membuat mereka tahu dan lebih jeli dalam berkarya, supaya waktu bermain sambil belajar dalam berkarya, memiliki manfaat untuk mereka .

Sasaran yang ingin dicapai adalah supaya anak-anak mengetahui bagaimana pentingnya dalam berkarya, yang menghasilkan nilai guna yang bermanfaat.

Kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMkM) yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Pamulang pada hari Sabtu tgl 16 Oktober 2021 bertempat di Taman Baca Buaran mengenai “Mengembangkan Keterampilan, Kreatifitas Serta Mengenal Bentuk Dan Warna Dengan Menggunakan Media Kertas Origami”. Sebagai insan akademis, para mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang berupaya untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) di tengah suasana pandemi Covid-19.

Pada kegiatan PmKM kali ini di hadiri oleh Ibu Sri Ratna Dewi selaku pengurus dari Taman Baca Buaran dengan pesertanya sendiri terdiri dari 20 Anak di Taman Baca Buaran. Dan Mahasiswa Universitas Pamulang yang mengadakan PMkM, Klisman Afrizal Sebagai Ketua Pelaksana  dengan anggotnya Deni Zulfikar, Destaria Dwi Maryastuti dan Inardo Valentinus Sinaga. Dengan Dosen Pemimbimbing saya yang baik hati yaitu Ibu Fitriyah,S.Pd.,M.Pd. (***)

Penulis :

Klisman Afrizal, Deni Zulfikar, Destaria Dwi Maryastuti dan Inardo Valentinus Sinaga

Mahasiswa Universitas Pamulang

0/5 (0 Reviews)

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.