#Opini – Menabung merupakan kegiatan menyisihkan sebagian uang atau pendapatan yang dimiliki untuk disimpan dengan tujuan untuk mengelola uang tersebut. Manfaat menabung bisa diperoleh hasilnya ketika kita menjalani kegiatan menabung ini secara rutin dan tekun. Hal tersebut bertujuan untuk menjalankan pola hidup hemat dan juga merupakan pembangunan karakteristik untuk tidak menghaburkan uang yang semestinya diterapkan sejak dini.

Dalam kegiatan ini, para anak-anak di Taman Baca Buaran diberikan edukasi mengenai pentingnya menabung sejak dini serta mengajarkan anak-anak yang ada di Taman Baca Buaran membuat celengan. Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk menanamkan rasa gemar menabung pada anak. Bercermin pada kata–kata ”Rajin Pangkal Pandai, hemat pangkal kaya”. Ungkapan bijak ini mestinya mulai kita tanamkan kepada anak – anak sejak usia dini, kepada mereka kita ajarkan hidup hemat dengan cara menabung agar pola konsumtif yang tidak bermanfaat dapat dikurangi. Dalam upaya memotivasi anak-anak belajar tentang pentingnya menabung usia dini maka kami memberikan pelatihan pembuatan celengan dari botol bekas yang dibuat sendiri oleh anak. Dengan celengan yang dibuat sendiri dapat menambah minat anak, karena celengan dibuat sendiri oleh anak-anak.

Kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PmKM) yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Pamulang pada hari Sabtu tgl 16 Oktober 2021 bertempat di Taman Baca Buaran mengenai “Membangun Kreativitas Anak Dalam Membuat Berbagai Macam Celengan Untuk Meningkatkan Semangat Dalam Menabung Sejak Dini”. PmKM merupakan kewajiban Tri Dharma yang harus dilaksanakan oleh para mahasiwa. Sebagai insan akademis, para mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang berupaya untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) di tengah suasana pandemi Covid-19.

Membangun Kreativitas Anak Dalam Membuat Berbagai Macam Celengan Untuk Meningkatkan Semangat Dalam Menabung Sejak Dini

Pada kegiatan PmKM kali ini di hadiri oleh Ibu Sri Ratna Dewi selaku pengurus dari Taman Baca Buaran dengan pesertanya sendiri terdiri dari 25 Anak Taman Baca Buaran, sedangkan dari Mahasiswa Universitas Pamulang terdiri dari 4 orang mahasiswa yang diketuai Zubair Jauhamsyah dengan beranggotakan Ayu Adelia Sani, Putri Kenduri Utami, Ridwan Efendi dan satu dosen pembimbing Ibu Fitriyah, S.pd., M.Pd

Materi yang disampaikan terkait tentang menabung merupakan hal yang bisa diterapkan sekaligus dimengerti oleh anak anak di mulai dengan menyisihkan uang jajan yang di berikan oleh orang tua, dan harus menyiapkan celengan yang disukai bentuknya sebagai persiapan menabung. Orang yang sukses adalah orang yang gemar menabung, bekerja dan berdoa. Presentasi di selingi dengan tanya jawab untuk mengetahui seberapa jauh peserta mengerti dengan materi yang di sampaikan atau sekedar mendengarkan cerita peserta selama sekolah dari rumah, apakah mereka di berikan uang jajan harian seperti masa sekolah normal. Dan mayoritas peserta mengakui bahwa mereka tidak di berikan uang jajan selama masa pandemi.

Teknik penyampaian materi di jelaskan secara mudah dan di peraktikan secara langsung sehingga dapat dipahami oleh para peserta yang notabene adalah anak-anak rentang usia 6-12 tahun.

Adapun alat dan bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan celengan yang selama    kegiatan pelatihan adalah sebagai berikut:

Alat dan Bahan

  1. Kaleng Bekas
  2. Stik Eskrim
  3. Double Tape
  4. Lem
  5. Kain Flanel
  6. Gunting
  7. Pita

Memiliki Kebiasaan menabung sudah jelas sangat berguna untuk masa depan kita. Menabung adalah menyimpan sejumlah uang agar dapat digunakan di kemudian hari jika diperlukan dan semakin banyak uang yang ditabung maka semakin baik. Selain berguna untuk simpanan masa depan, kebiasaan menabung juga bisa membentuk kepribadian Anda. Termasuk sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai positif terhadap keluarga terutama anak-anak. Dengan mendidik dan mengenalkan anak cara mengelola keuangan yang baik, maka si kecil

Dengan adanya kegiatan PmKM ini diharapakan sangat membantu anak anak dalam memahami bahwa uang  yang mereka miliki tidak hanya digunakan untuk membelikan suatu barang tapi juga dapat membantu kehidupan orang lain. Sekaligus dapat mengisi waktu luang anak-anak di masa pandemi Covid-19 dengan kegiatan yang positif dan edukatif. (***)

Penulis :

Zubair Jauhamsyah, Ayu Adelia Sani, Putri Kenduri Utami, Ridwan Efendi

Mahasiswa Universitas Pamulang

0/5 (0 Reviews)

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.